Kapan Baiknya Sauna Dilakukan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 04 Jun 2016 19:46 WIB
hotel dan spa
Kapan Baiknya Sauna Dilakukan?
The Acropolis Fitness and Spa (Foto: Metrotvnews/Yanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sauna adalah salah satu kegiatan yang yang baik dilakukan untuk membuang racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah. Untuk mendapatkan manfaat maksimal tersebut, kapankah waktu yang tepat untuk bersauna?

"Baiknya dilakukan setelah olahraga selama setengah hingga satu setengah jam,untuk memaksimalkan lemak yang keluar dari tubuh," ujar trainer Dede Supriyadi dari The Acropolis Fitness and Spa di The Media Hotel & Towers saat ditemui Metrotvnews.com, di Jakarta.

Ia menambahkan, sauna yang membuat pori-pori kulit membesar membantu aktivitas pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh yang tersumbat sebesara 0,01 persen.

Durasi sauna sendiri tak boleh terlalu lama, yaitu cukup 15 menit dengan aturan lima menit sekali keluar ruangan sebentar sambil minum satu gelas air agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Jika terlalu lama berada di dalam ruangan bersuhu 90 hingga 100 derajat Celcius tersebut, tubuh bisa menjadi lemas atau mengalami pusing pada bagian kepala larena terlalu banyak cairan tubuh yang terbuang.

Sama seperti fitness, sauna diperuntukkan bagi mereka yang telah berusia 16 tahun hingga usia tak tebatas, asalkan masih bisa melakukan aktivitas normal.

Setelah melakukan sauna, sebaiknya Anda berendam di plum, kolam dingin dengan suhu sekita 6 derajat celcius, untuk menutup pori-pori kulit yang terbuka lebar karena bersauna. Berendam di plum baik untuk pembekuan peredaran darah dimana biasanya dijadikan terapi bagi mereka yang mengalami cedera seperti keseleo. Durasi berendam pun tak perlu lama, cukup 5 menit.

Jika Anda ingin mencoba sauna dan plum, datanglah ke The Acropolis Fitness and Spa di The Media Hotel & Towers yang memiliki fasilitas fitness dan spa yang lengkap dan memuaskan. Tak hanya sauna, fasilitas olahraga lain pun ada, seperti fitness center, steam, jacuzzi, dan kolam renang.



Fitness dan spa yang buka pukul 06:00 hingga 23:00 ini memiliki ruang sauna yang berbeda untuk pria dan wanita dengan nuansa interior Yunani.

Selain itu, ruang yang disediakan pun cukup luas yang bisa menampung 5-10 orang. Anda juga tak perlu meragukan uap sehat yang akan Anda terima karena menggunakan pembakaran batubara dengan suhu 90-100 derajat Celcius.

Segera daftarkan diri Anda sebagai member dengan harga Rp5 juta untuk wanita dan Rp5,5 juta untuk pria per tahun untuk bisa berolahraga dengan maksimal.

 


(ELG)