5 Penyebab Gusi Berdarah yang Harus Anda Ketahui

Karina Yunita    •    Kamis, 15 Sep 2016 15:52 WIB
kesehatan gigi dan mulut
5 Penyebab Gusi Berdarah yang Harus Anda Ketahui
(Foto: Colgate) The American Dental Association memasukkan daftar obat pengencer darah sebagai salah satu kemungkinan penyebab gusi berdarah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat menggosok gigi mungkin Anda pernah mendapati busa pasta yang bercampur dengan darah, atau darah yang menempel pada sikat gigi dan kadang gigi terasa sakit. Kira-kira darimana darah tersebut berasal? Kondisi darah yang bercampur pada busa pasta atau sikat gigi ini bisa jadi karena gusi Anda berdarah. 

Harap waspada dan jangan anggap remeh hal tersebut. Bila Anda mendapati kondisi ini, maka Anda harus mencari tahu penyebab gusi berdarah. Anda perlu mengambil tindakan yang tepat guna mengatasi masalah gusi berdarah, apalagi jika berdarah terus-menerus dan terasa sakit pada gigi.

Berikut ini beberapa informasi yang bisa Anda ketahui seputar permasalahan gusi dan bagaimana cara mencegahnya.

Radang gusi
Radang gusi adalah tahap pertama dari penyakit gusi. Plak pada gigi Anda tidak hilang ketika menyikat gigi juga ketika Anda memakai benang gigi. Hal ini bisa menginfeksi gusi dan justru menyebabkan gejala gingivitis. Ketika gingivitis terjadi, gusi Anda mungkin menjadi bengkak, perih, dan kadang-kadang berdarah selama menyikat.

(Baca juga: 7 Penyebab Gigi Berlubang)

Cara menanganinya
The American Dental Association memasukkan daftar obat pengencer darah sebagai salah satu kemungkinan penyebab gusi berdarah. Obat-obat ini menurunkan kemampuan darah untuk membeku, yang dapat menyebabkan perdarahan lebih mudah terjadi. Periksalah ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan medis.

Rutin mengganti benang gigi
Rutin mengganti benang gigi juga dapat menyebabkan gusi berdarah. Misalnya, jika Anda tidak ingat kapan pastinya membersihkan gigi dengan benang dalam beberapa hari ini, atau Anda sedang sering menghilangkan sisa makanan dan plak di gigi Anda dengan benang, maka Anda mungkin mengalami perdarahan. Cari tahu penyebab pastinya secepat mungkin.

Mengganti sikat gigi yang baru 
Beralih dari sikat gigi lembut ke sikat gigi yang keras juga dapat mengakibatkan gusi berdarah. Cobalah kembali ke sikat lembut atau sedikit lembut, dan bicara dengan dokter gigi Anda jika diperlukan

Kehamilan 
Beberapa wanita hamil mengalami gusi yang bengkak dan pendarahan selama menyikat gigi. Hal ini dikenal sebagai gingivitis kehamilan. Perubahan hormon selama kehamilan mengubah respons tubuh terhadap bakteri, yang menyebabkan penyakit gusi. Menurut American Pregnancy Association, gejala tersebut harus diketahui penyebab pastinya. Periksa gigi secara teratur, atau hubungi dokter jika masalah berlanjut.






(TIN)