Manfaat Minyak Kelapa untuk Bumil dan Setelah Melahirkan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 11 May 2018 12:59 WIB
kesehatan kulit
Manfaat Minyak Kelapa untuk Bumil dan Setelah Melahirkan
Banyak wanita yang mengaku bahwa penggunaan minyak kelapa secara teratur dapat mengurangi munculnya stretch mark karena mampu melembapkan dan mengandung vitamin E. (Foto: Marco López/Unsplash.com)

Jakarta: Kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah minyak kelapa yang kerap digunakan untuk kesehatan kulit, termasuk pada wanita yang baru melahirkan. 

Berikut adalah beberapa manfaat minyak kelapa untuk para wanita, baik saat hamil atau setela melahirkan. 

1. Meningkatkan kekebalan
Minyak kelapa memiliki kandungan antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mencegah datangnya virus pilek dan flu. Dua sendok makan minyak kelapa per hari (langsung atau melalui makanan/minuman) dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan. 

2. Sumber asam laurik
Minyak kelapa juga dipercaya meningkatkan produksi ASI selama menyusui karena mengandung asam laurik, yang berperan dalam produksi ASI. 

(Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Mempercantik Diri)


(Kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah minyak kelapa yang kerap digunakan untuk kesehatan kulit, termasuk pada wanita yang baru melahirkan. Foto: Christin Hume/Unsplash.com)

3. Mengurangi efek samping kehamilan
Jika Anda mengalami morning sickness, mulas, atau sembelit saat hamil cobalah konsumsi minyak kelapa untuk meringankan gejala tersebut. Minyak tersebut dapat membantu menenangkan perut dan membersihkan bakteri yang keluar dari kerongkongan. 

4. Mengirangi iritasi
Gosokkan minyak kelapa pada area tubuh yang gatal atau kering saat sedang hamil. Minyak kelapa juga dapat membantu melembutkan area puting yang retak saat masa menyusui. 

5. Mencegah munculnya kerutan setelah melahirkan 
Kerutan setelah melahirkan (stretch mark) adalah masalah yang kerap muncul. Banyak wanita yang mengaku bahwa penggunaan minyak kelapa secara teratur dapat mengurangi munculnya stretch mark karena mampu melembapkan dan mengandung vitamin E. 

6. Dapat dijadikan minyak pijat
Minyak kelapa juga dapat dijadikan sebagai minyak pijat pada bayi karena membuat kulit lebih lembut dan wangi. 




(TIN)