Ini Makanan Bebas Gluten Alami

Torie Natalova    •    Jumat, 11 May 2018 19:24 WIB
kesehatan
Ini Makanan Bebas Gluten Alami
Ada beberapa jenis makanan yang secara alami bebas gluten. (Foto: Pablo Merchán Montes/Unsplash.com)

Jakarta: Penderita penyakit Celiac dan intoleransi gluten harus menghindari makanan yang mengandung gluten. Gluten sendiri adalah sejenis protein yang terdapat dalam tepung terigu dan jenis gandum tertentu.

Gluten dapat membuat penderita Celiac dan intoleransi gluten mengalami sakit. Sistem kekebalan tubuh akan menganggap gluten yang masuk sebagai ancaman dan menyerangnya sehingga memicu peradangan yang pada akhirnya dapat mengganggu pencernaan menyerap nutrisi untuk tubuh.

Mereka pun harus mengonsumsi makanan yang diproduksi bebas gluten. Namun, ada beberapa jenis makanan yang secara alami bebas gluten seperti dilansir dari Womenshealthmag.com.

1. Kentang
Orang lebih sering mengonsumsi makanan kemasan bebas gluten berlebih daripada memilih pati yang sehat seperti kentang. Padahal, kentang mengandung jumlah potasium yang sama seperti pisang juga mengandung pati yang secara perlahan dicerna dan baik untuk kesehatan usus.

2. Jagung
Banyak makanan olahan bebas gluten yang menggunakan tepung rendah serat dan protein, dimana sebenarnya jagung mengandung rendah serat dan protein. Ganti bagian tepung dalam makanan dengan jagung.



(kentang mengandung jumlah potasium yang sama seperti pisang juga mengandung pati yang secara perlahan dicerna dan baik untuk kesehatan usus. Foto: Adam Jaime/Unsplash.com)

3. Kacang pistachio
Kacang ini tak hanya bebas gluten tapi juga rendah lemak dan rendah kalori. Pistachio juga mengandung sumber protein dan serat yang baik sehingga membantu Anda lebih kenyang lagi.

4. Keju cheddar
Keju cheddar secara alami bebas gluten dan rendah karbohidrat sehingga baik untuk mereka yang perlu mengonsumsi makanan rendah karbohidrat serta tinggi kalsium dan protein.

5. Ubi jalar
Ubi mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk penderita celiac dan intoleransi gluten. Ubi jalar juga mengandung vitamin A, serat dan jumlah potasium yang baik.

6. Kembang kol
Ini juga dapat berfungsi sebagai pengganti biji-bijian yang rendah karbohidrat dibanding kentang. Kembang kol sangat bagus untuk menurunkan berat badan, kaya vitamin C, B, kalsium dan magnesium.



(TIN)