Tips Memilih Pelembap bagi Pemilik Kulit Sensitif

Raka Lestari    •    Rabu, 04 Jul 2018 08:00 WIB
kecantikan
Tips Memilih Pelembap bagi Pemilik Kulit Sensitif
(Foto: NDTV)

Jakarta: Pelembap kulit dengan label dermatologist recommended atau hypoallergenic (bahan yang aman untuk kulit sensitif) kini makin mudah ditemukan. 

Kendati demikian, apakah dengan label tersebut sudah dapat dipastikan bahwa seratus persen aman bagi kulit? 

Dikutip dari The Guardian, sebuah studi dari 100 pelembap tubuh terlaris yang memiliki label dermatologist recommended nyatanya juga mengandung setidaknya satu bahan pemicu alergi. 

Begitu juga dengan pelembap berlabel  hypoallergenic. Bahan-bahan penyebab alergi yang paling umum adalah campuran aroma dan campuran paraben (pengawet).

Para peneliti dalam studi tersebut membandingkan pelembab tubuh yang akan mereka rekomendasikan kepada para konsumen dengan pelembab yang sudah mereka miliki. Sekitar 5 sampai 45 persen mengatakan bahwa mereka memiliki kulit yang sensitif dan ketika menggunakan pelembab yang mereka miliki, kulit mereka berubah menjadi kemerahan dan mengalami iritasi. 

Para ahli kulit merekomendasikan agar para konsumen menggunakan pelembab bebas zat adiktif, wewangian, dan parfum. 

Dr Steve Xu, peneliti utama dalam studi tersebut dan dokter kulit di Northwestern's Feinberg School of Medicine merekomendasikan agar mereka yang memiiliki kulit sensitif dan mudah iritasi sebaiknya memilih pelembap tanpa wewangian dan sedikit bahan tambahan.  
Ia juga mengatakan bahwa Anda tidak perlu memisahkan pelembab wajah dan tubuh, namun banyak orang membeli keduanya secara terpisah karena lebih suka pelembab yang tidak terlalu berminyak untuk dipakai di wajah. 

Bahkan, para ahli paling banyak merekomendasikan untuk menggunakan petroleum jelly, yang meskipun lebih berminyak tetapi bagus untuk melindungi kulit. Atau bisa juga memilih pelembab yang mudah ditemukan seperti minyak kelapa atau shea butter alami, yang tidak memiliki sifat untuk memicu alergi pada kulit. 




(DEV)