Ini Penyebab Suara Keluar dari Persendian Jari

Raka Lestari    •    Senin, 02 Apr 2018 18:40 WIB
kesehatan sendi
Ini Penyebab Suara Keluar dari Persendian Jari
Apa sebenarnya yang membuat persendian jari-jari tangan berbunyi? Mari cari tahu. (Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi Anda yang sering membunyikan persendian jari-jari tangan, mendengar suara bunyi dari persendian jari-jari itu bisa menjadi salah satu suara paling memuaskan yang pernah ada. 

Bahkan mitos yang mengatakan bahwa membunyikan persendian jari-jari tangan dapat menyebabkan radang sendi di kemudian hari tidak membuat hobi unik ini berhenti dilakukan. 

Namun apa sebenarnya yang menyebabkan hal tersebut mengeluarkan bunyi?

Pada tahun 1971, sebuah tim peneliti dari Universitas Leeds berhipotesis bahwa pembentukan gelembung dalam cairan sendi menyebabkan suara ketika persendian jari-jari Anda dibunyikan. 

(Baca juga: Makan Ikan Dapat Meredakan Gejala Nyeri Sendi)


(Pada tahun 1971, sebuah tim peneliti dari Universitas Leeds berhipotesis bahwa pembentukan gelembung dalam cairan sendi menyebabkan suara ketika persendian jari-jari Anda dibunyikan. Foto: Alexa Mazzarello/Unsplash.com)

Namun dalam sebuah penelitian baru-baru ini yang dijelaskan dalam Scientific Reports, dijelaskan bahwa ketika persendian jari-jari dibunyikan, gelembung-gelembung kecil dalam cairan sendi akan hancur karena variasi tekanan dalam cairan. Hal ini membuktikan kebenaran atas apa yang ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Leeds.

Para penulis menunjukkan bagaimana tekanan yang dihilangkan oleh gelembung yang hancur di sendi buku jari menghasilkan gelombang akustik yang dapat dihitung oleh model matematis  mereka. 

Penelitian mereka menyimpulkan bahwa tidak hanya suara-suara dari persendian jari-jari retak yang retak saja, tetapi juga bahwa hancurnya gelembung udara yang terdapat pada persendian jari sangat mungkin menghasilkan suara tersebut. 






(TIN)