Ini Alasan Kenapa Kedelai Disebut Superfood

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 25 Apr 2018 18:15 WIB
kesehatan
Ini Alasan Kenapa Kedelai Disebut Superfood
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kedelai adalah sumber makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tak heran bila banyak orang yang menjalani pola hidup sehat beralih ke kacang-kacangan satu ini. 

Sebuah survei dari Nielsen tahun 2016 menemukan bahwa kedelai dikenal sebagai superfood yang berguna untuk pengobatan (34 persen) dan pencegahan penyakit ringan (40 persen).

"Kualitas protein dalam kedelai hampir setara dengan protein hewani pada susu atau produk suau lainnya. Makanya dijuluki raja kacang," jelas ahli kedelai dari Institut Pertania Bogor (IPB) Prof Dr Made Astawan dalam temu media dan blogger, Rabu, 25 April 2018.

Presentase protein dalam kedelai adalah 38 persen, sementara untuk kandungan lain tak kalah banyak yaitu lemak sehat tak jenuh 18 persen, dan karbohidrat tak larut 15 persen. Karbohidrat tersebut membuat rasa kenyang lebih lama dan mencegah munculnya rasa lapar.

Selain itu, kedelai adalah satu-satunya kacang-kacangan yang memiliki kandungan isoflavon yang dapat mencegah kegemukan, berperan sebagai fitoestrogen pada wanita, dan berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Indek glikemik (IG) pada kedelai juga rendah. IG adalah kecepatan tubuh dalam mengolah makanan menajdi kadar gula. Semakin cepat proses, semakin tinggi IG. Namun, hal itu bukanlah pertanda baik karena membuat tubuh cepat kenyang, namun cepat lapar kemudian.

Jika kadar IG rendah adalah di bawah skala 55, maka IG pada kedelai jauh di bawahnya.

"Satu batang produk cemilan kami yang berbahan dasar kedelai memiliki IG 15. Artinya, butuh sekitar tiga batang untuk bisa setara dengan kadar IG rendah," ujar Ricky Suhendar selaku Corporate Communication Director PT Amerta Indah Otsuka (SOYJOY), pada kesempatan yang sama.

Contoh makanan dengan IG rendah adalah singkong dan beras. Sementara, patokan IG sedang berada di skala 55-63 seperti beras merah, dan contoh makanan dengan IG tinggi, dengan skala diatas 70, adalah bubur.

Lihat video:





(DEV)