tema khusus rona

Tips Menghadapi Love Scammer di Dunia Maya

Yatin Suleha    •    Senin, 11 Jun 2018 10:52 WIB
romansapsikologilove scammer
Tips Menghadapi Love Scammer di Dunia Maya
Bagaimana mengetahui ciri-ciri si penipu cinta di dunia maya atau biasa dikenal dengan sebutan love scammer ini? Psikolog Efnie Indrianie menjelaskannya untuk Anda. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Jakarta: Era milenial menggunakan gadget sudah bukan barang yang asing lagi. Di mana pun dan kapan pun, kemudahan mengakses berbagai situs bisa jadi pedang bermata dua.

Bagi para jomblo, bisa jadi ini cara praktis untuk bisa mendapatkan pasangan. Tapi, bisa jadi kemudahan ini juga jadi ladang mengais uang tak halal dari para penipu cinta alias "love scammer".

Bagai terkena gendam, si korban dengan mudahnya bisa memberikan tak hanya perhatian oleh pelaku love scammer ini melainkan sampai memberikan barang-barang mewah bahkan uang.

Lalu, bagaimana mengetahui ciri-ciri si penipu cinta di dunia maya ini? Menurut Psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi menjelaskan bahwa pada umumnya ciri-ciri si penipu cinta di dunia maya orang yang bisa sampai menipu memiliki kecerdasan yang minimal kategori  rata-rata atas, dan tentunya di kategori di atas rata-rata.


(Pada umumnya ciri-ciri si penipu cinta di dunia maya orang yang bisa sampai menipu memiliki kecerdasan yang minimal kategori  rata-rata atas. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

"Untuk membuat pihak lain sampai mudah dikelabui tentunya butuh skill khusus, apalagi mengelabui usia dewasa. Kecuali bagi mereka yang usianya remaja, maka akan lebih mudah di sugesti,” papar psikolog dari Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung ini.

(Baca juga: 4 Fakta yang Dialami Seseorang Saat Jatuh Cinta)

Siapa saja biasanya target mereka? Menurut Efnie targetnya siapa saja yang mudah di sugesti oleh mereka.

“Apalagi jika mereka melihat hal-hal yang kita unggah bernuansa “kegalauan” maka ini bisa menjadi sasaran empuk buat mereka. Tidak hanya itu, orang-orang yang terlihat masih “single” di dunia maya pun tidak luput dari perhatian mereka. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam berkomunikasi di dunia maya,” ucap Efnie.

Tips menghindari si love scammer

Ada cara jitu menurut Efnie agar kita tak mudah jatuh ke tangan para love scammer ini. Menurut Efnie setiap membaca pesan dari mereka bacalah perlahan, tenang, dan gunakan logika. 

“Dengan demikian bagian otak depan kita aktif untuk menganalisa dan kita menjadi lebih kritis serta tidak mudah disugesti. Jika membaca tergesa-gesa apalagi saat suasana hati sedang gelisah, maka mudah terenyuh dengan kata-kata manis mereka,” pesan Efnie.




(TIN)