Cara Simpel Mendeteksi Kanker Payudara

Kumara Anggita    •    Rabu, 06 Feb 2019 13:37 WIB
kanker payudara
Cara Simpel Mendeteksi Kanker Payudara
Cara awal untuk mendeteksi kanker payudara begitu mudah dan tidak dipungut biaya pula. (Foto Ilustrasi: Evelyn Mostrom/Unsplash.com)

Jakarta: Kurangnya kepedulian para perempuan dalam mengecek payudara secara rutin membuat mereka mendapatkan risiko kanker payudara yang besar. Padahal cara awal untuk mendeteksi kanker payudara begitu mudah dan tidak dipungut biaya pula.

Hal pertama yang harus Anda butuhkan adalah cermin. Alat ini digunakan untuk melihat payudara Anda secara jelas.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Anda perlu berdiri di depan cermin lalu amati payudara Anda dengan seksama. Lihatlah apakah ada perubahan ukuran, bentuk, warna kulit, atau timbul lesung pada kulit payudara.

Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah mengangkat kedua tangan Anda dan meletakkannya di atas kepala. Kemudian Anda tempatkan kedua tangan tersebut di pinggang seakan sedang bertolak pinggang.

Hal ini dilakukan agar Anda dapat membedakan apakah payudara Anda seimbang atau justru ada kelainan di salah satu payudara.

Baca juga: Kanker Penyakit Kedua Terbanyak di Indonesia

Terakhir Anda perlu meraba payudara Anda. Dibutuhkan teknik untuk melakukan hal ini.

Pertama Anda meraba dengan tiga ujung jari tangan. Lalu melakukan gerakan memutar dari arah luar ke dalam searah jarum jam dengan lembut. Pastikan apakah ada benjolan atau tidak.

Setelah itu, tekan area puting dan amati apakah ada cairan tidak normal yang keluar. Periksa juga area sekitar payudara untuk melihat apakah ada kelainan.

Lakukan hal-hal tersebut setidaknya sebulan sekali pada tujuh hingga sepuluh hari setelah haid. Jika Anda menemukan keanehan seperti benjolan, bentuk puting yang aneh, atau cairan tidak normal, segeralah konsultasi dengan dokter.

Waspada Penyakit Sinusitis



(FIR)