Adab saat Anda sedang Batuk dan Bersin

Raka Lestari    •    Selasa, 11 Dec 2018 08:07 WIB
kesehatan
Adab saat Anda sedang Batuk dan Bersin
Menutup mulut dengan tisu saat Anda batuk atau flu bisa membuat teman atau orang di sekitar Anda nyaman (Foto: Brittany Colette/Unsplash)

Jakarta: Saat Anda sedang batuk atau bersin, tak sedikit teman atau pun orang di sekitar risih dengan kehadiran Anda. Sebab bisa saja penyakit tersebut menular ke mereka.

Tentu Anda tak ingin membuat kondisi itu terpelihara bukan? Salah satu sikap atau adab agar Anda tak dijauhi teman atau orang di sekitar Anda adalah dengan melakukan tips yang diberikan oleh Dr. Richard Pebody, yang merupakan Head of Flu di Public Health England.

"Dengan menjaga kebersihan tangan yang baik, menggunakan tisu ketika Anda sedang bersin atau batuk, membuangnya dan mencuci tangan Anda dapat membantu membatasi penyebarannya,"ujar Dr Richard Pebody.

Senada dengan itu, National Health Service AS memiliki saran yang lebih rinci untuk menghindari virus tersebut menyebar ke orang lain. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah flu adalah menutup mulut dengan tisu ketika sedang batuk atau bersin. 

Kedua adalah dengan membuang tisu ke tempat sampah. Kemudian membersihkan tangan Anda secara keseluruhan setelah menyentuh tisu tersebut. 

Sementara itu dikutip dari Bustle, Anda bisa menggunakan masker tersebut jika Anda memang sedang mengalami flu berlebihan. Terutama saat Anda sedang beraktivitas agar virus tersebut tidak menyebar ke orang lain di sekitar Anda.

Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan



(FIR)