Kebiasaan Gosok Gigi yang Perlu Diperhatikan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 28 Jul 2017 16:37 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Kebiasaan Gosok Gigi yang Perlu Diperhatikan
Sikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. (Foto: Socaldental Care/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gosok gigi adalah cara membersihkan gigi yang paling umum. Namun, kebiasaan yang normalnya dilakukan dua kali sehari ini ternyata belum tepat dipraktikkan.

"Sikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur," ujar drg. Hardini Dyah Astuti, Sp.Perio dalam peluncuran Sensodyne Repair & Protect baru, Jumat 28 Juli 2017. 

Ia menerangkan, setelah sarapan sebaiknya menunggu sekitar 30 menit sebelum menggosok gigi. Hal ini dikarenakan menggosok gigi tepat setelah sarapan dapat membuat enamel (lapisan teratas gigi) mengikis karena masih menempelnya asam yang berasal dari makanan. 



(Baca juga: Gigi Sensitif Rentan Dialami Usia Produktif)

Oleh karena itu, dianjurkan untuk menunggu hingga tak ada reaksi yang bisa muncul antara pasta gigi dan enamel. Kemudian, drg. Hardini juga menekankan pentingnya menggosok gigi sebelum tidur. "Kotoran dalam gigi yang menumpuk seharian harus dibersihkan."

Namun, bagaimana jika seseorang makan lebih dari batas normal dan merasa perlu menggosok gigi lebih dari jumlah batas wajar? "Tidak pengaruh berapa kali makan, tetap saja dua kali sehari cukup," jawabnya.










(TIN)