Konsumsi Kopi dan Teh Herbal Bisa Cegah Gangguan Liver

Nia Deviyana    •    Kamis, 15 Jun 2017 15:58 WIB
studi kesehatan
Konsumsi Kopi dan Teh Herbal Bisa Cegah Gangguan Liver
(Foto: Web MD)

Metrotvnews.com, Jakarta: Minum kopi atau teh herbal secara teratur membantu mencegah munculnya penyakit liver kronis. Para ilmuwan di Belanda menemukan khasiat minuman populer ini, yakni dapat menggagalkan fibrosis hati dan jaringan parut akibat peradangan kronis.

"Selama beberapa dekade terakhir, banyak orang menyimpang pada kebiasaan yang tidak sehat, termasuk gaya hidup kurang gerak, penurunan aktivitas fisik, dan melakukan 'happy diet'," ujar penulis utama Dr Louise Alferink, peneliti di Erasmus MC University Medical Center, Rotterdam.

Happy diet - yang disebut juga dengan western diet - dipenuhi makanan bergula tinggi, olahan, dan sedikit nutrisi. Pola makan yang tidak sehat ini berkontribusi pada epidemi obesitas dan lonjakan angka pasien perlemakan hati.

Untuk mengetahui efek positif dari kopi dan teh, peneliti memeriksa data lebih dari 2.400 orang Belanda yang berusia 45 tahun ke atas yang tidak memiliki masalah pada organ hati. Para peneliti memeriksa catatan medis, termasuk hasil pemindaian perut dan hati, dan apakah mereka mengonsumsi teh atau kopi.

Peserta penelitian dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan konsumsi teh dan kopi. Para peneliti juga mencatat jenis teh yang dikonsumsi, apakah teh hijau, herbal, atau hitam.

Peneliti menemukan, bahwa peminum kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk mengalami masalah pada organ hati, terlepas dari gaya hidup dan lingkungannya.

Secara keseluruhan, konsumsi teh herbal dan kopi memberi efek perlindungan terhadap hati dan mencegah jaringan parut.

Sebelumnya, memang sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kopi dapat memberikan manfaat kesehatan, yakni dengan meningkatkan enzim hati, menekan virus hepatitis, mencegah perlemakan hati, sirosis, dan kanker hati.

Mengenai bagaimana mekanisme kopi mencegah penyakit memang tidak diketahui, namun diperkirakan kopi mengandung banyak antioksidan.

Meski sudah terbukti efektif, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum benar-benar merekomendasikan kopi sebagai minuman kesehatan.


(DEV)