6 Alasan Pusing di Pagi Hari

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 03 Jun 2017 11:13 WIB
kesehatan
6 Alasan Pusing di Pagi Hari
6 Alasan Pusing di Pagi Hari (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sakit kepala atau pusing adalah gangguan yang umum dialami semua orang tanpa batasan waktu, termasuk di pagi hari.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang bisa mengalami pusing saat terbangun di pagi hari, seperti berikut.

1. Terlalu banyak tidur
Umumnya, orang membutuhkan tidur 7-8 jam. Namun tidur berlebihan, seperti mencapai 9 jam atau lebih, dapat memicu sakit kepala. Tidur berlebih dapat menurunkan tingkat serotonin dalam otak yang dapat menurunkan aliran darah dalam otak sehingga menjadi pusing.

2. Minum banyak alkohol
Konsumsi alkohol terlalu banyak di malam hari dapat menimbulkan rasa pusing keesokan paginya. Meskipun minum menghidrasi tubuh, namun hal tersebut dapat menurunkan aliran darah ke otak dan menyebabkan pusing.

3. Kurang tidur
Ketika Anda tak cukup tidur, maka hormon akan mengalami gangguan di mana hal tersebut dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah sehingga menyebabkan rasa pusing.

4. Mengalami depresi
Depresi dapat menyebabkan sakit kepala kapan saja, namun paling sering di pagi hari. Depresi dapat mengganggu jadwal tidur sehingga menyebabkan kurang tidur atau sebaliknya. Hal tersebutlah yang memicu pusing.

5. Konsumsi kafein berlebih
Konsumsi kafein berlebih dan tidur tak teratur dapat membuat Anda pusing saat terbangun di pagi hari. Peminum kafein berat cenderung mengalami pusing akibat kandungan tersebut.

6. Produksi hormon baik menurun
Pusing di pagi hari bisa disebabkan oleh produksi hormon-hormon baik dalam tubuh rendah, seperti endorfin yang dapat memengaruhi aliran darah ke otak.


 


(ELG)