7 Resolusi Kesehatan 2018

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 26 Dec 2017 14:31 WIB
kesehatan
7 Resolusi Kesehatan 2018
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Tahun baru sudah di depan mata. Biasanya seseorang telah siap menghadapi tahun yang baru dengan berbagai rencana dan resolusi supaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Namun jangan lupa bahwa kesehatan pun perlu diperhatikan. Bila Anda belum memiliki resolusi kesehatan pada 2018 mendatang, di bawah ini ada beberapa daftar yang bisa dilakukan:

1. Mengurangi konsumsi gula

Sadar atau tidak, setiap orang mengonsumsi gula setiap hari. Baik dari minuman, kue, cokelat, dan lainnya, bahkan dapat menimbulkan dampak luar biasa pada kesehatan. Sehingga mengurangi asupan gula dapat membuat kesehatan lebih baik.

2. Berlatih teka-teki

Sebagian orang mungkin tak selalu bisa menyelesaikan permainan seperti teka-teki, puzzle, permainan memori, dan lainnya setelah beranjak dewasa.

Namun penelitian menunjukkan bahwa mempraktikkan aktivitas tersebut secara teratur dapat menjaga sel otak Anda tetap aktif dan mencegah degenerasi sel otak. Sehingga meminimalkan risiko penyakit alzheimer, demensia, dan lainnya.

3. Setop kebiasaan buruk

Bila ingin mendapatkan tubuh yang lebih sehat, Anda perlu meninggalkan kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, obat-obatan terlarang, dan sejenisnya.

Ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan kematian, terlepas dari penyakit mental dan psikologis yang serius.

4. Mengelola stres

Stres merupakan salah satu akar penyebab sejumlah penyakit yang dialami orang saat ini, baik psikologis maupun fisikologis. Hindari stres, dengan mengonsumsi makanan yang meningkatkan serotonin di otak, serta jauhi situasi yang bisa memicu stres.

5. Olahraga

Mungkin olahraga terdengar seperti resolusi tahun baru yang sangat klise, tapi olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk tetap fit. Selain itu, olahraga juga bisa menghindari dan mencegah banyak penyakit serta melepaskan hormon bahagia.

6. Peduli kesehatan gigi

Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi tak cukup hanya dengan menyikat gigi. Anda bisa melakukan flossing gigi secara teratur, hindari makanan bergula dan pergilah ke dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan rutin.

Kebersihan mulut yang buruk sering dikaitkan dengan penyakit jantung.

7. Peka terhadap penyakit

Anda juga disarankan lebih peka terhadap diri sendiri. Maksudnya adalah bila mendapati sesuatu yang tak seperti biasanya terhadap kesehatan atau perubahan kesehatan sekecil apapun segera waspada. Ini untuk mendeteksi adanya penyakit agar bisa ditangani lebih awal.

Selain tujuh hal di atas, Anda juga perlu menjaga pola makan dan asupan makanan. Anda juga harus mengatur waktu istirahat bila tubuh sudah lunglai beraktivitas seharian.


(TRK)