Ketahui Waktu Makan Malam yang Tepat agar Berat Badan Stabil

Torie Natalova    •    Minggu, 19 Nov 2017 15:43 WIB
diet
Ketahui Waktu Makan Malam yang Tepat agar Berat Badan Stabil
Waktu makan malam yang tepat bantu cegah obesitas (Foto: Redonline)

Jakarta: Makan malam seringkali naiknya berat badan. Oleh sebab itu, mengatur jam makan menjadi cara terbaik untuk menjaga berat badan tetap stabil.

Penelitian baru menemukan bahwa jam tubuh bertanggungjawab terhadap kenaikan berat badan.

Penelitian dari Brigham and Women's Hospital di Amerika melihat bagaimana waktu makan mempengaruhi berat badan, berdasarkan pada waktu Anda bangun dan tidur.

Para peneliti menganalisis rutinitas sehari-hari dari 110 orang dewasa yang berusia antara 18-22 tahun. Mereka secara khusus melihat pola tidur dan makan partisipan.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka dengan persentase lemak tubuh tertinggi mengonsumsi sebagian besar kalori sebelum tidur. Sementara yang memiliki persentase lemak tubuh lebih rendah, cenderung langsung tidur beberapa jam setelah mereka selesai makan.

Penulis penelitian Andrew McHill mengatakan, mereka menemukan bahwa waktu asupan makanan bergantung terhadap onset melatonin, penanda biologis malam seseorang yang dikaitkan dengan lemak tubuh dan BMI yang lebih tinggi, serta tidak terkait dengan waktu, jumlah atau komposisi asupan makanan.

Temuan ini menunjukkan bahwa waktu ketika Anda mengonsumsi kalori, relatif terhadap waktu biolgis Anda sendiri.

Jadi, yang paling penting adalah menunggu beberapa jam setelah makan sebelum Anda pergi tidur. Ini bertujuan agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan dan tidak mengganggu waktu tidur Anda.




(DEV)