Motivasi Berolahraga Sebaiknya Bukan untuk Langsing

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 22 Nov 2017 11:52 WIB
tips kesehatan
Motivasi Berolahraga Sebaiknya Bukan untuk Langsing
Olahraga sebaiknya untuk sehat, bukan untuk langsing (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Memiliki tubuh ideal dan langsing seringkali menjadi motivasi utama seseorang dalam berolahraga. Hal itu tidak salah. Namun, akan lebih baik lagi jika berolahraga didasari motivasi ingin sehat.

"Aspek positif dari olahraga akan memberi dampak lebih besar dalam hidup Anda. Jangan hanya berfokus pada menurunkan berat badan," ujar personal trainer Tom Mans pada The Independent.

Ia menjelaskan, ketika menghilangkan lemak menjadi satu-satunya fokus olahraga, maka semangat berolahraga bisa saja luntur di kemudian hari.

"Hal ini karena perjalanan menghilangkan lemak membutuhkan banyak usaha, disiplin, dan kesabaran dibandingkan mencoba untuk meningkatkan aspek lain dalam olahraga," terangnya.

Aspek lain tersebut mencakup kekuatan fisik, mobilitas, fleksibilirtas, kesehatan mental, tidur lebih baik, interaksi sosial, meningkatkan atletisme, tingkat energi, nafsu makan, kepadatan tulang, otot, dan kesehatan kardiovaskular.

Menghilangkan lemak membutuhkan waktu, tetapi Anda bisa menemukan lebih banyak manfaat ketika Anda memulai olahraga dengan sudut pandang berbeda.

"Cukup sering klien baru saya merasa lebih baik, kuat, dan stres berkurang sebelum mereka menyadari banyak perubahan pada berat badan dan gambaran tubuh mereka," ucap Mans.

Artinya, mereka mengikuti latihan secara rutin, jangka panjang, karena melihat adanya kaitan antara olahraga dan peningkatan dalam hidup mereka.

Mans menekankan, mencintai tubuh dan merasa bahagia dengan bentuk dan citra tubuh penting untuk meningkatkan rasa percaya diri sehingga memiliki tubuh yang bagus dipandang sebaiknya bukan menjadi tujuan utama dari olahraga rutin.

"Saya tak punya perut berotot dan tak ingin. Saya menikmati hidup saya dan saya bahagia dengan itu," pungkasnya.




(DEV)