Ini Perawatan untuk Kulit Hiperpigmentasi

Raka Lestari    •    Selasa, 03 Oct 2017 11:59 WIB
kesehatan kulit
Ini Perawatan untuk Kulit Hiperpigmentasi
Jika Anda memiliki rangkaian perawatan kulit, gunakan tabir surya dengan rajin setiap hari, dan hindari berada dalam waktu yang lama dibawah sinar matahari langsung. (Foto: Matthew Kane/Unspplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hiperpigmentasi adalah sebuah kondisi kulit yang umum, pada dasarnya adalah perubahan warna yang lebih gelap pada kulit, seperti bintik-bintik penuaan, melasma, dan bintik hitam yang disebabkan bekas jerawat atau bekas luka. 

Hal ini umumnya tidak berbahaya, namun bisa mengganggu penampilan. Dan umumnya tidak akan hilang dengan sendirinya.

Dua dermatologis dari Sejal Shah,M.D., dari RealSelf.com, New York City dan Joel Schlessinger, M.D., dari Omaha, Nebraska memberitahukan perawatan yang paling efektif untuk menghilangkan hiperpigmentasi.

(Baca juga: Mengenal Vitiligo, Kelainan Kulit yang Menyerang Model Winnie Harlow)



Laser dan Intense Pulse Light (IPL)
Laser dan IPL adalah teknologi yang tidak jauh berbeda, dapat mengobati segala hal mulai dari kerusakan akibat sinar matahari hingga pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan dan pembuluh darah yang rusak dengan menggunakan energi, cahaya, dan panas. Laser memberikan sinar langsung secara kuat ke kulit, sedangka IPL adalah rangkaian sinar yang lebih ringan. 



Pengelupasan Secara Kimia 
Pengelupasan secara kimia terdiri dari larutan asam yang menghilangkan lapisan luar kulit yang rusak. Asam yang biasanya digunakan adalah asam alfa hidroksi seperti glikolat dan laktat, asam trikloroasetat (TCA), atau fenol yang sangat kuat. 



Cryotherapy
Cryotherapy menggunakan nitrogen cair yang sangat dingin untuk menentukan dan membekukan jaringan kulit, dan dapat mengobati bintik-bintik akibat sinar matahari atau bahkan sel-sel pra kanker atau bahkan kanker jinak. 



Tabir Surya
Jika Anda memiliki rangkaian perawatan kulit, gunakan tabir surya dengan rajin setiap hari, dan hindari berada dalam waktu yang lama dibawah sinar matahari langsung. Bahan seperti retinol dan asam alfa hidroksi (AHA) dapat mencerahkan kulit dengan mempercepat pergantian sel dan mengelupas lapisan sel yang rusak. 











(TIN)