Di India, Kanker Darah Paling Umum Dialami Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Feb 2018 13:36 WIB
kesehatankanker
Di India, Kanker Darah Paling Umum Dialami Anak
Menurut laporan terbaru dari RS Apollo, sekitar 1,6-4,8 persen kanker di India mulai terdeteksi pada anak berusia di bawah 15 tahun. (Foto: Ilustrasi. Dok. Hermes Rivera/Unsplash.com)

Jakarta: Kanker pada anak sama umumnya dengan kanker pada orang dewasa. Namun, diagnosa pada anak-anak cenderung lebih sulit dilakukan. 

Salah satu negara yang mengalami peningkatan kanker anak secara konsisten adalah India. Menurut laporan terbaru dari RS Apollo, sekitar 1,6-4,8 persen kanker di India mulai terdeteksi pada anak berusia di bawah 15 tahun. Sementara, insidensi secara keseluruhan adalan 38 hingga 124 per satu juta anak per tahun. Artinya, sekitar 40 ribu anak terdiagnosa kanker setiap tahun. 

Lalu, jenis kanker apa yang paling umum dialami saat kecil?

"Kanker yang paling umum pada anak adalah kanker darah. Kemudian disusul dengan kanker limfoma yang berhubungan dengan pertahanan tubuh," tukas Dr Vijay Yewale selaku ketua perhimpunan dokter anak di India. 


(Menurut laporan terbaru dari RS Apollo, sekitar 1,6-4,8 persen kanker di India mulai terdeteksi pada anak berusia di bawah 15 tahun. Foto: Istiaque Emon/Unsplash.com)

(Baca juga: Kenali Faktor Risiko Penyebab Kanker pada Anak)

Sementara, jika berhubungan dengan bagian tubuh, kanker ginjal dan otak juga semakin mengalami peningkatan dari segi penderita anak.

Menurutnya seperti dilansir dari laman Thehealthsite.com, ada beberapa gejala dasar dari kanker pada anak, berikut diantaranya.

- Benjolan di bagian tubuh manapun
- Demam tinggi berulang
- Anak itu sakit tanpa alasan yang jelas selama lebih dari dua minggu
- Pendarahan dari berbagai bagian tubuh
- Bintik hitam di tubuh dan 
- Infeksi berulang










(TIN)