Polusi Udara Sebabkan Siklus Haid Remaja Tak Lancar

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 27 Jan 2018 11:24 WIB
studi kesehatan
Polusi Udara Sebabkan Siklus Haid Remaja Tak Lancar
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Apakah Anda mengalami siklus haid yang tak teratur? Bisa jadi lingkungan sekitar penyebabnya. Sebuah studi menemukan bahwa partikel kecil ekstrem yang terdapat dalam polusi udar dapat memicu siklus haid yang tak teratur.

Sebuah penelitian dari Boston University di Massachusetts menyebutkan bahwa efek kesehatan negatif dari paparan polusi adalah ketidaksuburan, sindrom metabolik, dan sindrom ovarium polikistik.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa polusi udara yang terkena pada remaja perempuan (usia 14-18 tahun) dapat meningkatkan risiko haid tak teratur dan lebih lama saat masa sekolah menengah dan awal usia muda.

"Ketika paparan polusi udara berhubungan dengan penyakit kardiovaskular dan paru, studi ini menemukan bahwa ada sisitem lain, seperti sistem endokrin reproduksi, yang juga terkena," tukas pemimpin studi Shruthi Mahalingaiah.

Siklus menstruasi responsif terhadap regulasi hormon dan partikulat polusi udara telah memengaruhi aktivitas hormonal.

Para peneliti menggunakan data kesehatan dan lokasi yang digabungkan dalam Nurses’ Health Study 2 ditambah metrik paparan polusi udara dari sistem pengawasan kualitas udara EPA untuk melihat bagaiamana paparan pada partisipan selama kurun waktu masa percobaan.

Mereka menemukan bahwa paparan udara selaam masa sekolah menengah berhubungan dengan siklus haid yang tak lancar.

"Implikasi pada penyakit manusia dapat terjadi melalui pengurangan emisi pada tingkat global dan individual," tambah Mahalingaiah.

Studi tersebut dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction.





(DEV)