Penyuka Pedas Cenderung Suka Olahraga Ekstem

Raka Lestari    •    Minggu, 12 Nov 2017 12:28 WIB
studi kesehatan
Penyuka Pedas Cenderung Suka Olahraga Ekstem
Penyuka makanan pedas cenderung menggemari olahraga ekstrem (Foto: Livestrong)

Jakarta: Dari segi kesehatan, menambahkan rempah-rempah atau bahan baku pedas ke dalam makanan terbukti dapat menurunkan berat badan. Namun, jika dilihat dari aspek psikologis, kegemaran terhadap makanan pedas berkaitan dengan kepribadian Anda.

Sebuah studi dari University of Pennsylvania yang dilansir dari Health  melihat orang-orang yang memiliki kecenderungan mengonsumsi cabe rawit. Mereka cenderung memiliki kepribadian yang bijaksana.

Penyuka rasa pedas juga memiliki kepribadian yang cenderung tidak takut dalam mengambil aktivitas yang berisiko seperti terjun payung, berenang di air yang sangat dingin, dan mengemudi dengan cepat.

Ada alasan logis untuk menjelaskan hal ini. Menurut penelitian, hal tersebut karena adanya capsaicin, zat kimia yang memicu reseptor rasa sakit.

Paul Rozin, salah satu penulis studi tersebut mengatakan keinginan makan makanan pedas merupakan bentuk dari 'kesenangan yang disebabkan karena perasaan menderita.' Seperti banyak pengambilan risiko lainnya, mengonsumsi cabai adalah negatif, jika sampai berlebihan.

Cabai merangsang sistem 'peringatan' indrawi bawaan tetapi tidak berbahaya. Menikmati perasaan menderita seperti ini dapat terjadi akibat adanya sensasi dan reaksi defensif tubuh yang menganggapnya tidak berbahaya, kata studi tersebut.

Mengonsumsi cabai, mengendarai roller coaster, mandi di air yang sangat dingin, dan banyak aktivitas manusia lainnya dapat dianggap sebagai contoh pencarian sensasi atau penghiburan dari risiko yang tidak membahayakan.




(DEV)