Jaga Kesehatan Hati, Hindari Konsumsi Suplemen Vitamin A Berlebihan

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 07 Nov 2017 06:00 WIB
kesehatan
Jaga Kesehatan Hati, Hindari Konsumsi Suplemen Vitamin A Berlebihan
(Foto: Web MD)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tujuan seseorang mengonsumsi obat adalah untuk menyembuhkan penyakit. Namun, ada beberapa obat-obatan yang ternyata memiliki efek samping buruk terhadap organ hati.

Dikutip dari Web MD, ada obat yang boleh dikonsumsi dengan syarat ada pengawasan dari dokter.

Suplemen herbal

Meski dilabeli bahan dasar alami, tak selalu obat herbal baik untuk tubuh. Salah satu contohnya dikenal dengan nama kava kava untuk gejala menopause dan membantu penderita merasa rileks.

Sebuah studi menunjukkan ramuan ini dapat membuat hati tidak berfungsi dengan baik. Pada akhirnya menyebabkan kegagalan hepatitis.

Beberapa negara telah melarang ramuan herbal tersebut. Namun, di beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat, menyarankan agar pengguna berkonsultasi sebelum mengkonsumsi ramuan tersebut.

Suplemen vitamin A

Vitamin A memang sangat dibutuhkan tubuh. Untuk memenuhinya, kita dapat mengonsumsi vitamin A dari buah-buahan segar dan sayuran, terutama yang berwarna merah, oranye, dan kuning.

Namun, kebanyakan orang saat ini cenderung menggunakan cara instan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, yaitu dengan mengonsumsi suplemen. Padahal, cara instan ini sangat tidak baik untuk organ hati.

Oleh karenanya, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen Vitamin A. Sebab, mungkin tubuh anda tidak membutuhkannya.

Asetaminofen

Asetaminofen adalah salah satu jenis obat yang biasa dikonsumsi untuk mengurangi atau mengobati sakit punggung, sakit kepala, panas dingin, atau pereda nyeri.

Meski sangat membantu, Anda harus memperhatikan dosis penggunaan obat ini karena akan sangat membahayakan jika dikonsumsi secara berlebihan.




(DEV)