Beberapa Bahan Alami Ini Bisa Sembuhkan Kandidiasis

Raka Lestari    •    Kamis, 30 Nov 2017 14:23 WIB
Beberapa Bahan Alami Ini Bisa Sembuhkan Kandidiasis
Bakteri baik dalam probiotik dan yogurt dapat membantu menyembuhkan kandidiasis. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Kandidiasis adalah infeksi oleh jamur candida yang menyebabkan timbulnya bagian-bagian putih di mulut yang bisa menyakitkan. "Kandidiasis disebabkan karena adanya peningkatan gula di mulut atau pH yang berubah," kata Taz Bhatia, MD, pakar kesehatan integratif dan penulis Super Woman RX. 

"Kedua faktor tersebut memengaruhi beban bakteri di mulut, mendorong atau mengecilkan pertumbuhan jamur candidia." Infeksi ini paling sering terjadi pada bayi, atau pada anak-anak atau orang dewasa yang menggunakan antibiotik atau sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Berikut ini beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkannya:

1. Yogurt
Bakteri baik dalam probiotik dan yogurt dapat membantu menyembuhkan kandidiasis. "Probiotik atau yogurt dengan kultur aktif dapat membantu memulihkan keseimbangan bakteri baik di mulut," kata Carrie Brown, MD, seorang dokter anak di Arkansas Children's Hospital di Little Rock, Arkansas.

(Baca juga: 4 Langkah Mengatasi Sariawan dengan Cara Alami)


(Bakteri baik dalam probiotik dan yogurt dapat membantu menyembuhkan kandidiasis. Foto: Alison Marras/Unsplash.com)

2. Air garam
Garam sangat berguna untuk memasak, namun kegunaannya tak terbatas hanya di dapur saja. Salah satu kegunaan garam yang populer dan sering direkomendasikan oleh dokter menurut Mayo Clinic adalah, berkumur dengan menggunakan air garam dapat membantu meringankan gejala infeksi jamur dan membersihkan mulut.

3. Baking soda
Ahli pengobatan alami menyarankan untuk berkumur bagian dengan larutan dua sendok makan baking soda dan satu cangkir air, untuk membantu membuat mulut lebih kebal terhadap jamur. Namun dr Brown tidak menyarankan pengobatan ini terhadap bayi.

4. Minyak kelapa
Sebuah studi di tahun 2007 menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu membunuh setidaknya beberapa bakteri, sehingga mengoleskan bagian luka di mulut dengan minyak kelapa berpotensi membantu melawan infeksi.

5. Tea tree oil
"Manfaat antiseptik tea tree oil membuat para ahli pengobatan alami menyarankan untuk berkumur dengan beberapa tetes tea tree oil yang diencerkan dalam air," ujar Dr Bhatia, penulis Super Woman RX.








(TIN)