Buah-Buahan Terbaik untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Torie Natalova    •    Sabtu, 15 Oct 2016 13:14 WIB
kesehatan
Buah-Buahan Terbaik untuk Dikonsumsi Setiap Hari
Buah-Buahan Terbaik untuk Dikonsumsi Setiap Hari (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berat badan yang tidak dikontrol dengan baik bisa memicu obesitas yang akan mengembangkan risiko penyakit diabetes, penurunan ingatan, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard menemukan orang yang konsumsi lebih banyak flavanoid atau antioksidan alami dalam buah, bisa menurunkan beberapa kilogram berat badan.

Studi ini melihat kebanyakan orang yang mengalami penurunan berat badan karena mengonsumsi buah yang kaya tiga kandungan flavonoid yakni anthocyanin, polimer flavonoid, dan flavonol.

Ada empat jenis buah yang mengandung tiga flavonoid dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, terlebih jika Anda ingin menurunkan berat badan.

1. Stroberi
Buah mengandung flavonol dan anthocyanin. Buah merah yang rasanya asam manis ini mengandung banyak jenis antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa makan beberapa ons stroberi bisa mengurangi peradangan dan gula darah yang dipicu oleh makanan karbohidrat.

2. Blueberry
Buah dengan kulit berwarna biru kehitaman ini menunjukkan kandungan anthocyanin yang tinggi. Anthocyanin merupakan antioksidan tinggi yang bisa membantu mencegah kanker, penyakit jantung dan peradangan. Meski hanya sedikit memiliki hubungan dengan penurunan berat badan, namun buah ini kaya manfaat.

3. Apel
Apel mengandung polimer flavonoid yang menjadikannya buah terbaik untuk menjaga berat badan. Polimer flavonoid dalam apel menghambat enzim yang memecah gula sederhana. Ini berarti tidak menyimpan gula sebagai lemak. Serat dalam apel bercampur dengan flavonoid menekan kadar lemak yang beredar dalam darah Anda.

4. Pir
Buah pir mengandung flavonol dan flavan-3-ols yang banyak memiliki serat pektin seperti apel. Kandungan yang tinggi kedua zat tersebut membuat pir cocok untuk menjaga berat badan dan diabetes tipe 2.

Pir yang segar menyediakan hampir seperempat dari kebutuhan serat harian Anda. Serat tentunya baik untuk perkembangan bakteri baik di usus Anda. Memiliki bakteri usus yang sehat bisa membantu tubuh menyerap dan mencerna flavanoid.




(ELG)