Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Membuat Anda Kelaparan

Torie Natalova    •    Kamis, 24 Nov 2016 21:23 WIB
diet
Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Membuat Anda Kelaparan
Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Membuat Anda Kelaparan (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat diet, godaan terbesar bagi Anda adalah menahan rasa lapar. Banyak penelitian menunjukkan kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah menjaga agar kalori yang dibakar tinggi melalui rutin latihan dan makan kalori yang berkualitas sebagai bahan bakar tubuh Anda.

Peneliti obesitas menyebut pendekatan ini dengan menjaga high energy flux. Istilah ilmiah tersebut seperti yang sering digunakan pelari. Mereka harus membakar sejumlah kalori tinggi, sementara perlu juga untuk makan kalor tinggi, namun berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan, tanpa membuat Anda merasakan kelaparan.

1. Makanan alami
Makanan alami seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, memiliki serat yang tinggi. Makanan tinggi serat mengambil lebih banyak volume perut sehingga membantu Anda kenyang lebih lama. Serat yang larut, yang biasa ditemukan pada buah dan kacang, memperlambat pengosongan perut dan menstabilkan gula darah.

2. Makan lebih banyak bakteri baik
Ada ribuan bakteri di usus Anda. Beberapa bakteri dapat mempengaruhi jumlah energi yang diekstrasi dari makanan dan mengirimkan sinyal yang mempengaruhi metabolisme. Bakteri bifidobacteria dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi gejala yang berkaitan dengan obesitas. Kefir, yogurt, buttermilk, dan keju adalah makanan yang kaya bifidobacteria.

3. Membakar kalori
Studi menunjukkan bahwa capsaicin, senyawa dalam cabai dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dan mengendalikan berat badan. Teh hijau yang mengandung bahan spesial polifenol, catechhins, juga dapat meningkatkan pembakaran kalori dan mengurangi tingkat kelaparan.

4. Ganti olahraga
Cobalah mengganti jenis olahraga yang dilakukan selama ini. Melakukan olahraga yang itu-itu saja dapat membuat otot kurang terlatih dan membuat perubahan adaptif pada tingkat mikroskopis, seperti membangun protein otot baru dan kompartemen selular yang membantu membakar kalori lebih banyak.

5. Lakukan kegiatan lebih banyak
Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk membakar kalori. Beberapa kegiatan sehari-hari seperti berjalan, berdiri, dan membersihkan rumah dapat membakar kalori yang cukup besar dan menjaga keseimbangan berat badan. Cobalah buat diri Anda lebih aktif saat di rumah. Ingat untuk tidak terpaku pada satu kegiatan seperti duduk menonton tv terlalu lama atau bekerja dengan duduk di belakang meja terlalu lama.


(ELG)