5 Makanan untuk Mencegah Infeksi Jamur di Organ Genital

Torie Natalova    •    Senin, 17 Oct 2016 08:00 WIB
tips kesehatan
5 Makanan untuk Mencegah Infeksi Jamur di Organ Genital
(Foto: Hhindustantime)

Metrotvnews.com, Jakarta: Organ genital perempuan rentan terkena infeksi jamur lantaran berbagai faktor. Salah satunya karena kondisinya yang lembab.

Infeksi jamur di daerah genital ditandai dengan kulit memerah, iritasi, rasa gatal, dan rasa panas.

Jamur Candida adalah salah satu penyebab infeksi jamur. Mengobatinya, sebaiknya tak hanya dengan bantuan obat, tetapi juga dengan menjag kebersihan organ genital dan memperhatikan asupan makanan.

Berikut, makanan yang bisa mencegah infeksi jamur.

1. Keju

Sebuah studi tentang infeksi jamur pada perempuan pada 2013 lalu, menemukan, mengonsumsi obat ditambah probiotik yang tedapat pada keju mampu menurunkan risiko terkena infeksi jamur. Mengonsumsi keju probiotik mengurangi risiko jumlah jamur hingga 75 persen. Cobalah untuk menggunakan keju fermentasi seperti cheddar, Swiss, parmesan dan Gouda sebagai camilan atau tambahan
kudapan Anda.

2. Pepaya

Ekstrak pepaya dan daun dari buah pepaya terbukti mampu membasmi dan mencegah infeksi jamur. Selain itu, kedua bahan dari pepaya ini kaya akan vitamin C sehingga mampu menangkal infeksi lainnya.

3. Ketumbar

Biji ketumbar kaya kandungan serat, tembaga, besi, mangan dan magnesium. Minyak dari bumbu dapur ini dikenal sebagai pembasmi jamur yang dapat mencegah berbagai bakteri penyebab infeksi jamur pada vagina Anda.

4. Virgin coconut oil

Tidak seperti minyak kelapa lain, minyak kelapa murni atau virgin coconut oil berasal dari kelapa segar dan tidak mengalami proses pemurnian kimia. Sehingga, mampu mempertahankan vitamin, mineral dan antioksidan yang biasanya hilang pada minyak kelapa biasa.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat efektif membasmi jamur Candida albicans. Anda bisa menggunakan minyak ini untuk menumis sayuran.

5. Oregano

Minyak esensial oregano adalah obat pelengkap yang terkenal dapat mencegah serta mengatasi infeksi jamur dan bakteri.

Penelitian menunjukkan bahwa oregano, bumbu dapur Italia tersebut dapat efektif memerangi berbagai jenis jamur termasuk Candida albicans, penyebab dari sekitar 90 persen infeksi jamur.

 


(DEV)