Saat Olahraga, Tubuh Produksi Hormon Menguntungkan Ini

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 12 Nov 2016 14:24 WIB
olahragatips berolahraga
Saat Olahraga, Tubuh Produksi Hormon Menguntungkan Ini
Saat Olahraga, Tubuh Produksi Hormon Menguntungkan Ini (Foto:istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak alasan untuk melakukan olahraga, seperti meningkatkan kesehatan, memperbaiki suasana hati, membentuk otot, hingga menurunkan berat badan. Namun ternyata, berdasarkan sebuah penelitian dari Universitas Florida, olahraga dapat memunculkan hormon yang sapat membantu melangsingkan tubuh.

Pada dasarnya, terdapat sel lemak bernama sel lemak putih yang berfungsi menyimpan lemak berlebih. Sementara, sel lemak coklat, membantu membakar energi sehingga membuat tubuh tetap terasa hangat. Semua orang terlahir dengan sel ini, namun terjadi penurunan jumlah seiring bertambahnya usia.

Irisin adalah sebuah hormon yang diproduksi selama olahraga dan mampu membantu sel lemak putih berubah menjadi sel lemak coklat. Karena belum jelas apa fungsi dari irisin, para peneliti pun mencoba memelajarinya dengan cara memgambil sampel jaringan lemak dari wanita yang menjalani operasi payudara agar bisa mengerti fungsi dari sel tersebut.

Dalam studi, para peneliti terus menjaga agar sel tersebut hidup dan mengeksposnya dengan sel lemak putih. Mereka menemukan bahwa hormon tersebut memberikan sel lemak putih matang kandungan pembakar energi yang mirip dengan yang dimililiki oleh sel lemak coklat.

Para peneliti juga memgobservasi apakah hormon tersebut menghalangi sel lemak batu untuk terbentuk, berasumsi bahwa irisin membantu sel lemak putih menjadi sel lemak coklat. Ini artinya, keluar yang berasal dari kalori membantu tubuh membakar lemak lebih banyak daripada yang Anda pikirkan.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips agar hormon irisin bisa bekerja lebih maksimal untuk membakar kalori.

1. Menjadwalkan olahraga
Pada awal minggu, rencanakanlah jadwal olahraga. Teratur berolahraga dapat meningkatkan asupan dan penyimpanan irisin.

2. Ajak teman
Ajaklah temam untuk ikut berolahraga. Sebuah studi menunjukkan bahwa strategi tersebut dapat meningkatkan durasi olahraga dalam seminggu.

3. Asupan sehat
Saat berolahraga, perhatikan juga asupan yang masuk ke tubuh agar lebih maksimal. Sayuran, buah, biji-bijian, susu, dan berbagai makanan sehat lainnya dapat berpengaruh dalam perubahan sel lemak putih matang untuk ikut membakar kalori dengan bantuan irisin.

 


(ELG)