Fakta Seputar Stretch Mark

Yatin Suleha    •    Jumat, 11 Nov 2016 14:27 WIB
kehamilan
Fakta Seputar Stretch Mark
Dari 161 perempuan yang melahirkan dengan stretch mark, 48 persennya mengatakan bahwa ibu mereka juga mengalaminya. (Foto: Pinimg)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stretch mark adalah garis paralel beralur yang bisa terjadi di area manapun di kulit Anda. Dilansir dari healthline.com, garis pada stretch mark bisa muncul dengan berbagai warna dan tekstur dari warna kulit asli Anda.

Mulai dari warna ungu, merah muda, dan abu-abu muda. Jika Anda sedang hamil, maka kemungkinan persentase stretch mark Anda bisa lebih meningkat lagi.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Department of Dermatology di Stanford University School of Medicine, Amerika mengatakan bahwa dari 161 perempuan yang melahirkan dengan stretch mark, 48 persennya mengatakan bahwa ibu mereka juga mengalaminya.

(Baca juga: Mengapa Stretch Mark Sering Muncul Saat Wanita Hamil?)

Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stretch mark dari Dr. Grace NS Wardhana, SpKK, dari Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta:

1. Gunakan bra atau pakaian dalam yang mampu menyangga perut atau payudara selama hamil maupun menyusui.

2. Konsumsi makanan yang kaya akan zat-zat untuk kesehatan kulit dan memperkuat kerangka protien pada jaringan elastin serta kolagen di kulit. Misalnya zinc yang terdapat di ikan, kacang-kacangan, vitamin A, C, D, seperti wortel dan susu. Makanan tinggi protein seperti telur juga bisa Anda konsumsi.

3. Hindari makanan berlemak dan minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.

4. Perbanyak minum air putih.







(TIN)