Kenali Gejala Awal Kanker Paru-paru

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 05 Feb 2019 17:11 WIB
kanker paru-paru
Kenali Gejala Awal Kanker Paru-paru
Penyebab kanker paru bisa dilihat dari beberapa faktor, seperti perokok pasif, faktor lingkungan, atau mutasi gen. (Foto Ilustrasi: Samuel Zeller/Unsplash.com)

Jakarta: Kanker paru-paru bisa menyerang siapa saja. Bahkan, orang yang tidak merokok memiliki potensi cukup besar mengidap kanker paru-paru.

Menurut American Cancer Society, sebanyak 20 persen pasien kanker paru-paru bukan perokok. Penyebabnya bisa dilihat dari beberapa faktor, seperti perokok pasif, faktor lingkungan, atau mutasi gen.

Dengan begitu, semua orang harus waspada. Dibutuhkan berbagai informasi seputar penyebab atau gejala hingga langkah pengobatan,.

Khusus kali ini, kita akan membahas tentang gejala awal kanker paru-paru. Dikutip dari askdrmanny.com, berukut gejala awal kanker paru-paru:

1. Batuk terus menerus
Gangguan pernafasan akan menyebabkan batuk selama satu atau dua minggu. Namun, jika berlangsung selama sebulan atau lebih, maka segera periksa ke dokter karena itu bisa menjadi tanda-tanda Anda terserang kanker paru-paru.

2. Napas tidak normal
Perubahan lain yang masuk dalam kategori gejala kanker paru-paru terlihat pada pernapasan. Biasanya, nafas perubahan dalam pernapasan. Mengalami mengalami sesak atau kesulitan bernapas setelah beraktivitas.

Demikian pula, sering terjadi mengi,-suara bernada tinggi saat bernapas. Suara tersebut terjadi karena paru-paru Anda mengerut atau tersumbat.

3. Suara serak
Suara serak juga disebut sebagai gejala awal kanker paru-paru. Sebab, penyakit tersebut menekan saraf yang mengontrol laring.

4. Berat badan turun drastis
Apakah Anda kehilangan berat badan tanpa olahraga atau upaya sejenisnya? Itu bisa menjadi suatu pertanda awal kanker paru-paru.

5. Sakit punggung
Sakit punggung mungkin gangguan tubuh yang banyak dialami seseorang. Namun, jangan anggap sepele jika sering terjadi dalam waktu lama. Sebab, sakit punggung merupakan gejala awal kanker paru-paru, khususnya rasa nyeri terjadi saat tidur.

Jika lima atau beberapa gejala awal di atas pernah Anda rasakan, maka sangat disarankan segera konsultasikan dengan dokter. Sehingga bisa ditanggulangi dengan baik.


(FIR)