Gara-gara Stres, Ini Masalah yang akan Terjadi pada Gigi Anda

Torie Natalova    •    Senin, 04 Feb 2019 11:03 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Gara-gara Stres, Ini Masalah yang akan Terjadi pada Gigi Anda
Stres tidak hanya dapat menambah berat badan tapi juga masalah kesehatan, termasuk kesehatan gigi. (Foto Ilustrasi: Jeshoots/Unsplash.com)

Jakarta: Stres tidak hanya dapat menambah berat badan tapi juga masalah kesehatan, termasuk kesehatan gigi. Aktris Hollywood, Demi Moore, mengakui dirinya baru saja kehilangan dua gigi depannya gara-gara stres.

Para ahli mengatakan penyebab nomor satu dari gigi copot adalah penyakit gusi. Selain itu ternyata stres bisa jadi faktor penyebabnya. Berikut in adalah tujuh masalah yang menimpa gigi Anda gara-gara stres yang berkepanjangan.

1. Perubahan bentuk gigi
Jika gigi Anda menjadi lebih tipis atau semakin pendek, ini bisa disebabkan oleh kebiasaan mengerat gigi atau bruxism. Jika ini terjadi, Anda harus menemui dokter gigi karena mungkin Anda membutuhkan pelindung agar gigi tidak semakin tergerus.

2. Rahang pegal
Jika Anda merasakan sakit atau bunyi 'klik' pada sendi rahang Anda, ini mungkin merupakan tanda stres. Temui dokter gigi untuk perawatan rahang.

3. Gusi berdarah
Gusi yang berdarah sangat banyak. Bisa jadi tanda penyakit gusi yang dapat disebabkan atau diperburuk oleh stres.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Zinc bagi Tubuh

4. Abses gigi
Abses gigi dapat disebabkan oleh tubuh yang tak mampu melawan infeksi gusi selama masa-masa stres Anda berlangsung.

5. Masalah saluran akar
Ini bisa terjadi jika kebiasaan mengerat menjadi sangat parah sehingga saraf gigi semakin terbuka. Perawatan saluran akar mungkin diperlukan untuk menghilangkan akar dari gigi.

6. Bau mulut
Asam lambung dapat terbentuk selama masa stres dan menyebabkan refluks juga senyawa lain yang menyebabkan bau mulut.

7. Menggigit pipi
Bagi sebagian orang, menggigit pipi adalah kebiasaan yang dikembangkan untuk mengatasi stres. Akupuntur atau hipnosis bisa dilakukan untuk membantu lebih rileks dan mencegah kebiasaan terus tejadi.

Waspada Penyakit Sinusitis



(FIR)