Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan Jantung

Torie Natalova    •    Rabu, 20 Feb 2019 16:05 WIB
tidur
Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan Jantung
Baik atau buruk tidur terlalu lama? Temukan jawabannya di bawah ini. (Foto: Jordan Bauer/Unsplash.com)

Jakarta: Tidur sangat dibutuhkan untuk tubuh dapat memperbaiki diri, meningkatkan kesehatan mental dan fisik, mengembalikan energi yang hilang setelah seharian beraktivitas dan meningkatkan produktivitas serta konsentrasi.

Waktu tidur terbaik adalah antara tujuh sampai delapan jam setiap malam.

Anda mungkin sudah mengetahui kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik. Tapi, tidur terlalu lama juga bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut studi terbaru seperti dilansir dari Redonline, mereka yang tidur lebih dari delapan jam semalam memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular dan kematian dini. 

(Baca juga: Tidur 6-8 Jam, Baik untuk Kesehatan Jantung)


(Peneliti utama Dr Chun Shing Kwok mengatakan, penelitiannya menunjukkan bahwa tidur berlebihan merupakan penanda peningkatan risiko kardiovaskular. Foto: Simon Migaj/Unsplash.com)

Penelitian yang dipimpin oleh Keele University menemukan bahwa durasi tidur selama 10 jam dikaitkan dengan 30 persen peningkatan risiko kematian dibandingkan waktu tidur selama tujuh jam, peningkatan risiko stroke sebesar 56 persen dan peningkatan risiko kematian penyakit kardiovaskular sebesar 49 persen.

Seiring dengan temuan tentang dampak tidur 10 jam, penelitian ini juga menemukan bahwa kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan peningkatan 44 persen pada penyakit jantung koroner. 

Peneliti utama Dr Chun Shing Kwok mengatakan, penelitiannya menunjukkan bahwa tidur berlebihan merupakan penanda peningkatan risiko kardiovaskular.





(TIN)