Tips Menghadapi Kecemasan saat Berkumpul di Acara Keluarga

Raka Lestari    •    Senin, 15 Oct 2018 11:55 WIB
kesehatan mental
Tips Menghadapi Kecemasan saat Berkumpul di Acara Keluarga
(Foto: Huffington Post)

Jakarta: Berkumpul bersama keluarga tak selalu menjadi hal yang menyenangkan. Acapkali, beberapa pertanyaan dari salah satu anggota keluarga membuat tidak nyaman. Jika Anda merasakan kecemasan sosial di acara keluarga, tentu hal itu akan membuat acara keluarga yang seharusnya menyenangkan menjadi sesuatu yang menakutkan. 

Menurut Social Anxiety Institute, gangguan kecemasan sosial atau dikenal sebagai fobia sosial menjadi masalah kesehatan mental terbesar ketiga di Amerika Serikat. Meskipun banyak mengira bahwa kecemasan sosial biasanya berhubungan dengan menolak berkenalan atau berbaur dengan orang-orang yang tidak dikenal, namun kecemasan sosial juga bisa terjadi dalam keluarga. 

Menurut DeAnna Jordan, Direktur Klinis di New Method Wellness, kecemasan sosial lebih umum terjadi pada orang-orang yang rendah diri, dan terjadi ketika menghadapi anggota kelompok yang banyak.

"Kecemasan sosial lebih tentang rasa takut berada di sekitar kelompok orang," kata Jordan kepada Bustle.

Lebih lanjut Jordan menjelaskan bahwa kecemasan sosial tidak dapat "dimatikan" dengan mudah. "Perasaan negatif untuk dinilai, dikritik, atau dilihat oleh orang lain bersifat persisten dan mengganggu setiap bidang kehidupan baik itu secara akademis, profesional, dan sosial," tambahnya.

Jordan memberi tahu cara yang bisa dilakukan jika anggota keluarga tertentu memicu kecemasan sosial Anda.

"Jika mereka mengajukan pertanyaan pribadi atau yang sulit dijawab, ubahlah subjek pembicaraanya. Saya sering menyarankan pasien saya untuk membuat daftar obrolan ringan yang dapat mereka bicarakan dengan anggota keluarga mereka yang mungkin memberikan pertanyaan yang bisa menimbulkan kecemasan sosial," paparnya. 

Mengubah subjek ke hobi mereka, acara TV favorit, atau anak-anak mereka dapat membantu.



(DEV)