Tujuh Makanan Sehat tetapi Tinggi Lemak

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 06 Oct 2018 13:55 WIB
makanan sehat
Tujuh Makanan Sehat tetapi Tinggi Lemak
Tujuh Makanan Sehat tetapi Tinggi Lemak (Foto: gettyimages)

Jakarta: Tak hanya kualitas, kuantitas makanan pun perlu diperhatikan untuk tidak menambah timbunan lemak dalam tubuh. Bahkan, pada makanan yang sehat sekalipun.

Berikut adalah makanan dengan kandungan gizi tinggi tetapi tetap perlu dibatasi asupannya agar tidak menaikkan berat badan.

1. Alpukat
Buah tinggi nutrisi dan antioksidan ini cenderung tinggi lemak dan padat kalori. Seperlima alpukat mengandung 50 kalori. Artinya, kelebihan alpukat dapat menyebabkan penimpunan lemak.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3, protein, vitamin E, dan serat yang sehat bagi jantung. Namun, jenis makanan ini juga tinggi kalori. Misalnya, seperempat almond mengandung 1332 kalori.

3. Sereal
Sarapan sereal mengandung serat dan protein. Namun, beberapa jenis sereal juga tinggi gula dan sodium. Jadi, bacalah label sebelum membeli sereal.

4. Keju
Tak hanya sumber protein dan kalsium, keju juga banyak kalori. Satu ons cheddar mengandung 113 kalori dan 9 gram lemak.

5. Roti gandum
Umumnya, gandung digiling menjadi tepung halus yang mudah dicerna sehingga menaikkan gula darah dengan cepat, sama seperti roti putih.

6. Tahu
Selain zat besi, kalsium, dan protein; dalam setengah cangkir tahu mentah terkandung 94 kalori. Jumlah tersebut akan bertambah ketikan tahu sudah melalui proses pemasakan, terutama jika digoreng.

7. Susu
Susu mengandung berbagai vitamin, protein, dan kalsium. Namun, dalam secangkir susu juga terdapat 150 kalori dan 8 gram lemak.

 


(ELG)