6 Tips Berhenti Merokok pada Wanita

Torie Natalova    •    Sabtu, 05 Nov 2016 15:49 WIB
tips kesehatan
6 Tips Berhenti Merokok pada Wanita
6 Tips Berhenti Merokok Pada Wanita (foto: ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wanita dianggap lebih rentan terhadap bahaya kesehatan dibanding pria. Terlebih dalam hal kebiasaan merokok.

Perbedaan dalam jaringan paru-paru antara pria dan wanita serta adanya hormon estrogen pada wanita, membuat mereka lebih mudah terkena kanker dibanding pada pria yang merokok.

Studi juga menemukan bahwa pria mendapatkan kebugaran dari merokok, wanita yang merokok lebih banyak menuai manfaat psikologis dan juga pereda stres. Karenanya, sangat penting bagi seorang wanita untuk berhenti kebiasaan merokok lantaran sangat rentan terkena penyakit mematikan seperti kanker.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk wanita keluar dari kebiasaan merokok dan mengurangi risiko terkena penyakit.

1. Cobalah berhenti merokok bertepatan dengan hari terakhir haid
Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang berhenti merokok dua minggu setelah atau sebelum haid, lebih mungkin berhasil. Faktor-faktor seperti sindrom pasca-haid akan membuatnya sulit untuk menghentikan kebiasaan itu, tapi akan memberikan kesempatan keberhasilan yang tinggi dalam periode itu.

2. Jangan diet dulu
Jika Anda sedang diet dan mencoba berhenti merokok, ini akan membuat Anda merasa lebih stres dan hasilnya tidak akan berhasil berhenti merokok. Karena itu, cobalah fokus pada beberapa makanan sehat dalam sehari sehingga ini tidak hanya akan membantu mengalihkan fokus Anda, tapi juga membantu kesehatan Anda.

3. Lakukan banyak kegiatan
Ada banyak cara untuk mengurangi stres sekaligus buat tubuh lebih bugar, salah satunya dengan melakukan olahraga. Jangan terhanyut dalam kelesuan akibat merokok, buatlah diri Anda kecanduan aktivitas yang menyehatkan.

4. Cobalah mencari alternatif
Wanita merasa lebih terpikat oleh asap daripada nikotin karena bau asap membuat mereka ingin menghisap rokok. Cobalah untuk mencari cara alternatif menghindarinya, misalnya tidak berada dalam lingkungan yang merokok.

5. Minta bantuan orang lain
Wanita sangat membutuhkan dukungan sosial untuk berhenti merokok. Cobalah minta bantuan keluarga, sahabat, serta suami atau orang-orang yang berada di posisi yang sama dengan Anda. Ambil inspirasi dari wanita yang telah berhasil berhenti merokok.

6. Jangan pikirkan kenaikan berat badan
Wanita cenderung mengalami kenaikan berat badan setelah berhenti merokok. Tapi, ini seharusnya tidak menjadi alasan Anda untuk tidak berhenti merokok. Kenaikan berat badan masih bisa diatasi dengan mengambil cara yang sehat, namun kerugian yang disebabkan oleh rokok jauh lebih serius untuk tubuh Anda.




(ELG)