3 Pemicu Penyakit Hashimoto Tiroiditis

Torie Natalova    •    Senin, 12 Dec 2016 11:06 WIB
kamus kesehatan
3 Pemicu Penyakit Hashimoto Tiroiditis
(Foto: Rodalle Wellness)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi seseorang yang telah menjalani hidup sehat seperti tidak merokok, rajin olahraga dan makan makanan sehat, mungkin akan terkejut ketika didiagnosis terkena penyakit Hashimoto tiroiditis.

Seperti yang diungkap Gigi Hadid belum lama ini. Model cantik itu didiagnosis penyakit tersebut.

Penyakit ini merupakan kelainan autoimun yang jika dibiarkan akan menyebabkan hipertiroid.

Apa itu hipotiroid?

HIpertiroid adalah sebuah kondisi dimana kelenjar tiroid tidak membuat hormon tiroid dengan jumlah cukup. Beberapa gejalanya bisa seperti kenaikan berat badan, merasa kelelahan, pelupa, sulit konsentrasi, sembelit, infertilitas, depresi, rambut rorntok dan intoleransi dingin.

Di seluruh dunia, kekurangan yodium adalah penyebab utama hipotiroid. 90-95 persen dari kasus hipotiroid berasal dari penyakit Hashimoto, sebuah kondisi autoimun dimana kelenjar tiroid sedang diserang oleh sistem kekebalan tubuh.

Apa itu penyakit Hashimoto?

Pada dasarnya, sesuatu atau suatu tempat yang menyebabkan peradangan dalam tubuh dan menyerang sistem imun, menyebabkan tiroid. Racun, infeksi dan makanan tertentu bisa memicu penyakit ini.

1. Yodium

Meskipun yodium dianjurkan untuk kasus hipotiroid yang disebabkan kekurangan yodium, kebanyakan orang yang terkena penyakit Hashimoto tidak memiliki kekurangan yodium. Bahkan, yodium dapat membuat penyakit Hashimoto memburuk.

Studi menemukan bahwa Hashimoto meningkat tiga kali setelah iodisasi garam. Makan rumput laut,  dan garam
beryodium benar-benar dapat meningkatkan serangan autoimun pada tiroid, sehingga mempercepat kerusakan jaringan tiroid.

2. Ketidakseimbangan usus

Terlalu banyak makan makanan bertepung dan bergula, ditambah terlalu banyak minum antibiotik, penekan asam dan obat resep lain, dapat mengakibatkan ketidakseimbangan pada bakteri baik dalam usus. Kurangnya bakteri ini dapat membuat usus sakit dan mengganggu kemampuan tubuh untuk menghasilkan enzim pencernaan dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

3. Intoleransi makanan

Orang yang mengalami Hashimoto dan kondisi autoimun lainnya akan sering mengalami intoleransi makanan dengan beberapa protein seperti gluten, susu, kedelai dan telur. Protein ini tidak dipecah dengan benar dan mengakibatkan peradangan di saluran usus.

Peradangan ini melakukan serangan autoimun pada tiroid dan mencegah penyerapan banyak nutrisi seperti vitamin B, selenium, zat besi dan seng. Ini semua nutrisi yang diperlukan untuk tiroid yang tepat dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda mencurigai diri Anda memiliki intoleransi makanan, cobalah untuk melakukan eliminasi pada makanan yang dikonsumsi.

Batasi asupan makanan yang dicurigai sebagai pemicu intoleransi selama 3 minggu dan perkenalkan makanan pemicu yang potensial dalam satu waktu setiap empat hari.


Lihat Video: Atasi Stress untuk Jaga Kestabilan Hormon di Tubuh




(DEV)