4 Penyebab Lapar Berlebihan Usai Berlari

Torie Natalova    •    Minggu, 19 Mar 2017 11:30 WIB
diet
4 Penyebab Lapar Berlebihan Usai Berlari
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Olahraga lari kini tengah tren di kalangan masyarakat urban. Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, lari dianggap sebagai olahraga yang efektif untuk memangkas kalori.

Masalahnya, seringkali timbul lapar berlebihan setelah berlari. Jika demikian, maka harapan untuk menurunkan berat badan menjadi sia-sia.

Dilansir Rodale Wellness, ada beberapa penyebab yang memicu lapar usai berlari.

1. Terlalu keras berlatih

Rasa lapar yang berlebihan kerap dialami mereka yang sedang latihan untuk perlombaan marathon. "Kelaparan yang signifikan setelah lari 10-12 mil, masuk akal terjadi karena Anda membakar satu ton kalori dan tidak makan untuk sementara waktu," kata Jason Machowsky, ahli diet olahraga di Hospital for Special Surgery.

Bahkan, jika Anda termasuk baru menggemari olahraga lari dan tidak sering olahraga berat, jogging 3-5 mil memicu peningkatan pembakaran kalori. Anda mungkin akan lebih banyak membakar kalori dengan berlari selama 45 menit dibanding berjalan di treadmill atau sepeda statis di tempat fitness.

2. Anda tidak cukup makan sebelum berlatih

Berlari dapat membakar kalori lebih banyak, yang efeknya lebih merangsang nafsu makan Anda.

3. Rasa lapar Anda disebabkan faktor psikologi, bukan fisik.

Orang yang merasa telah melakukan olahraga berat seringkali merasa layak untuk makan lebih banyak.  Inilah yang disebut dengan faktor psikologis yang mempengaruhi nafsu makan Anda.

4. Anda mengalami dehidrasi.

Ini sering disalahartikan dengan rasa lapar berlebih. Padahal, Anda hanya mengalami kekurangan cairan selama melakukan kegiatan fisik yang berlebihan seperti olahraga lari.



 


(DEV)