Manfaat Konsumsi Susu Selama Hamil

Yatin Suleha    •    Rabu, 16 Nov 2016 11:23 WIB
kehamilan
Manfaat Konsumsi Susu Selama Hamil
DHA penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan susunan saraf pusat dan retina pada janin. (Foto: Cdn2.momjunction)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengapa selama hamil, baiknya Anda meminum susu? Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology's Annual Meeting pada April 2010 menerangkan bahwa ibu yang selama hamil mengonsumsi susu, melahirkan bayi yang jauh dari risiko penyakit multiple sclerosis (kelainan peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh banyak faktor).

Lalu, apa lagi manfaat lainnya? DR. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menerangkannya:

1. Asam folat
Ibu hamil membutuhkan 400 mcg asam folat setiap hari untuk mencegah bayi yang dikandung terlahir dengan cacat bawaan. Sumber lainnya: alpukat, jeruk, bayam, jagung, asparagus, dan kentang.

2. Protein 
Protein bermanfaat membangun sel-sel tubuh janin juga menambah berat badan janin. Sumber lainnya: ikan, kacang-kacangan, tempe, tahu, apel, atau pisang.

(Baca juga: Bumil, Begini Cara Agar Tidak Mual Usai Minum Susu)

3. Zat besi
Zat besi dibutuhkan untukmeningkatkan volume darah dalam tubuh dan menjaga agar kualitas darah Anda prima. Bagi janin, zat besi akan disimpan di tubuh bayi sebagai cadangan nutrisi untuk digunakan pada bulan-bulan pertama kehidupannya. Sumber lainnya: sayuran berwarna hijau gelap, telur, bit hijau, bayam, dan jagung.

4. Kalsium
Sekitar 1.000 mg kalsium per hari dibutuhkan untuk membantu perkembangan janin. Selain susu baik dalam bentuk non-fat, yogurt, keju atau berbagai produk diary lainnya. Sumber lainnya: sayuran hijau atau jenis makanan dan minuman yang sudah diperkaya dengan kalsium seperti jus jeruk dan sereal sarapan.

5. Vitamin c
Vitamin c berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi janin. Sumber lainnya: jeruk, kiwi, jambu biji, stroberi, tomat, wortel.

6. AHA/DHA
AHA dan DHA bermanfaat untuk menyusun membran sel otak serta menyiapkan ASI yang berkualitas. Sumber lainnya: salmon, tongkol, dan ikan tenggiri. "DHA penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan susunan saraf pusat dan retina pada janin," terang DR. Fiastuti.







(TIN)

Video /