Hindari Enam Hal Ini Sebelum Tidur

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 27 Aug 2016 07:13 WIB
tips kesehatan
Hindari Enam Hal Ini Sebelum Tidur
Hindari Enam Hal Ini Sebelum Tidur (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidur cukup adalah jenis istirahat yang paling dibutuhkan agar segar keesokan harinya. Namun, tidur tak hanya sekadar tentang kuantitas, tapi juga kualitas.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, Anda sebaiknya menghindari hal berikut. 


1. Duduk dalam pencahayaan yang terang
Hindarilah pencahayaan yang terang satu jam sebelum tidur, seperti dari layar TV, handphone, atau lampu kamar. Hal ini dikarenakan lima menit dari paparan cahaya terang menekan hormon melatonin lebih dari 50 persen. Hormon melatonin adalah hormon yang membuat cepat terlelap.

2. Menonton program kekerasan
Hal yang menakutkan dapat memengaruhi pikiran Anda. Menonton hal-hal tentang hal itu membuat anda semakin sulit untuk tidur.

3. Olahraga
Hindari olahraga dua jam sebelum tidur, kecuali untuk yoga atau latihan pernapasan. Secara umum, memang olahraga membantu seseorang tidur lebih baik dan membutuhkan lebih banyak istirahat.

4. Minum kafein
Hindari minum kopi setelah jam 2 siang atau 8 jam sebelum tidur malam. Para peneliti di Ford's Hospital Sleep Disorder dan Research Center dan Wayne State College of Medicine di Michigan menemukan bahwa konsumsi kopi meskipun 6 jam sebelum tidur dapat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur.

5. Memaksa diri tetap terjaga
Pukul 22.45-23.00 adalah waktu di mana kita merasa lelah secara alamiah. Sebaiknya Anda segera mengikuti keinginan tubuh untuk beristirahat. Jika Anda memaksakan diri untuk tetap terjaga, maka hal itu akan berlangsung hingga pukul 02.00.

6. Stres
Ini adalah penyebab umum kesulitan tidur. Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana cara mengosongkan pikiran dan berhenti cemas. Cobalah lakukan yoga dan meditasi yang mampu membantu otak berhenti bekerja, pulih, dan menyiapkan diri untuk hari esok. 



(ELG)