Amankah Pakai Pantiliner Tiap Hari?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 07 Oct 2016 11:14 WIB
kesehatan dan produktivitas
Amankah Pakai Pantiliner Tiap Hari?
Ganti pakaian dalam dalam 3-4 jam sekali, waktu yang sama dengan penggantian pantiliner dan pembalut. (Foto Psych2go)

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk mengatasi masalah kelembaban di daerah organ kewanitaan yang membuat tak nyaman, pemakaian pantiliner adalah salah satu solusi praktis. Namun, amankah memakai pantiliner setiap hari?

"Tidak masalah asalkan tak menimbulkan iritasi dan alergi, akan lebih baik lagi kalau tidak mengandung pewangi," jawab dr. Liva Wijaya, SpOG, spesialis kedokteran obstetri dan ginekologi dalam acara media workshop It's Better To Be Protected In Your Red Days, Kamis (6/10/2016).

(Baca juga: Ciri Keputihan yang Tak Berbahaya)

Namun, dr. Liva lebih menyarankan untuk mengganti pakaian dalam dalam 3-4 jam sekali, waktu yang sama dengan penggantian pantiliner dan pembalut, agar tidak tercampur dengan zat-zat kimia yang terdapat dalam pantiliner.

Sementara itu, kurun waktu pemakaian pembalut dan pantiliner sebaiknya tidak lebih dari waktu yang dianjurkan, meskipun darah yang keluar saat haid hanya sedikit.

Hal ini dikarenakan, bagi bakteri jahat, darah adalah tempat hidup yang baik untuk berkembang biak. Selain itu, suhu yang lembab semakin mendukung untuk mempercepat proses reproduksi bakteri yang dapat memicu timbulnya infeksi pada organ kewanitaan.

"Jadi tetap ganti secara berkala agar vagina tidak terlalu lembab dan perkembangbiakan bakteri pun kecil," tutupnya. 









(TIN)