Pengalaman Buruk di Media Sosial Sebabkan Generasi Muda Depresi

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 16 Sep 2016 20:13 WIB
psikologi
Pengalaman Buruk di Media Sosial Sebabkan Generasi Muda Depresi
(Foto: Tqn) Pengalaman buruk di media sosial bisa meningkatkan depresi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi baru menemukan bahwa pengalaman negatif di media sosial, seperti Facebook, dapat membuat kaum muda depresi. 

"Penting untuk diketahui bahwa mereka yang serius berinteraksi di media sosial agar tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang terlalu berdampak, karena ini hanya pengalaman virtual," ujar penulis studi Samantha Rosenthal yang merupakan asosiasi peneliti epidemiologi di Brown University School of Public Health di Providence, R.I.

(Baca juga: Studi: Banyak Penderita Depresi Tak Mendapat Pengobatan yang Tepat)

Dari 264 peserta studi yang disurvei pada tahun 2013 dan 2014, lebih dari 8 orang dalam 10 laporan setidaknya memiliki satu pengalaman yang negatif dalam Facebook, seperti bullying, kekejaman, kesalahpahaman, atau kontak yang seseorang tidak diinginkan. Dan 63 persen mengatakan, mereka memiliki empat atau lebih pengalaman negatif sejak mereka mulai menggunakan layanan online.

Gejala depresi yang dialami ini mulai dari tingkat sedang hingga parah, yang dialami oleh sekitar seperempat responden. Studi ini menemukan, risiko gejala depresi adalah 3,2 kali lebih tinggi di antara orang-orang yang punya pengalaman Facebook yang negatif, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Beberapa faktor terkena dampak dari gejala depresi ini. Seperti bullying, atau tindakan yang kejam yang saling berkaitan 3,5 lebih tinggi risikonya, sementara kontak yang tidak diinginkan mencapai 2,5 kali lebih tinggi risiko kejadiannya.

Studi tersebut menambahkan, kontak yang tidak diinginkan atau kejadian salah paham tersebut bisa sampai empat atau lebih kejadian. Sementara angka kejadian bullying atau perlakuan kejam lebih sering terjadi. Dan parahnya, semakin sering kejadian buruk terjadi, semakin tinggi tingkat depresinya.





(TIN)