Pentingnya Asupan Zink dan Zat Besi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 19 Jul 2018 16:58 WIB
tumbuh kembang anak
Pentingnya Asupan Zink dan Zat Besi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil
(Foto: Parenting Hub)

Jakarta: Asupan nutrisi yang cukup menjadi kunci utama maksimalnya tumbuh kembang si kecil. Tak hanya makronutrien berupa karbohindrat, protein, dan lemak, asupan mikronutrien dari vitamin dan mineral tak kalah penting.

Ahli gizi klinik dr Dian Permatasari, MGizi, SpGK mengungkapkan bahwa mikronutrien seperti zink, besi, dan kalsium turut membantu pertumbuhan fisik anak.

"Vitamin dan mineral membantu metabolisme tubuh, berperan dalam sistem imun, dan membantu penyembuhan luka," jelasnya dalam edukasi kesehatan di Jakarta, Kamis, 19 Juli 2018.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 3-5 porsi asupan mikronutrien untuk memenuhi kebutuhan 1.500-1.800 kalori dalam sehari.

Lebih spesifik, dr Dian mengungkapkan bahwa zink atau seng adalah mikronutrien yang diperlukan untuk pertumbuhan, pematangan fungsi seksual, replikasi sel, serta membantu metabolisme zat gizi.

"Sumber zink paling tinggi terdapat pada makanan laut yang lunak, seperti kerang dan cumi," tambahnya.

Sumber makanan lain yang juga mengandung zink antara lain daging merah, hati sapi, dan produk susu.

Beberapa dampak buruk dari kekurang zink adalah gagal tumbuh, penurunan nafsu makan dan ketajaman rasa, proses penyembuhan luka lebih lama, dan imunitas menurun.

Mikronutrien lain yang juga perlu diperhatikan adalah zat besi. Zat ini berkaitan dengan jumlah hemoglobin yang membawa oksigen dalam tubuh.

"Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, gangguan konsentrasi, nafsu makan menurun, lemas, dan cepat lelah," tandasnya.

Adapun zat besi dapat diperoleh dari asupan daging merah, sayuran berwarna hijau tua, dan biji-bijian.




(DEV)