Tips Cara Bernapas yang Benar untuk Kesehatan Tubuh

Raka Lestari    •    Kamis, 19 Jul 2018 09:00 WIB
kesehatan
Tips Cara Bernapas yang Benar untuk Kesehatan Tubuh
Nancy Gerstein, seorang guru yoga mengatakan bahwa bernapas dari perut adalah cara yang paling tepat. (Foto: Elijah Hiett/Unsplash.com)

Jakarta: Rata-rata manusia akan bernapas selama 16 kali per menit. Bernapas adalah sesuatu yang Anda lakukan setiap hari, tanpa sadar, dan Anda mungkin bahkan tidak memikirkannya. 

Namun ada besar kemungkinan bahwa Anda tidak bernapas dengan benar, tidak melakukannya secara alami dan mengambil napas yang pendek, menarik napas secara tidak lengkap dan mengeluarkannya seperti biasa.

Meskipun mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya memelajari bagaimana cara bernapas dengan baik merupakan salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatan diri Anda. 

Menurut Jacob Kountz, seorang terapis keluarga dan pernikahan dan manajer klinik di California State University, Bakersfield, mengatakan kepada Elite Daily, "Anda harus melakukan kendali secara penuh ketika sedang bernapas. Jika Anda tidak melakukannya, stres akan semakin mudah berkembang dan berkembang."


(Dengan menarik napas dalam-dalam dari diafragma dibandingkan dengan menarik napas pendek-pendek dari dada Anda, dapat meningkatkan respons tubuh untuk melakukan relaksasi dan itu merupakan hal paling penting yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk mengurangi tingkat stres yang dialami sehari-hari. Foto: Caique Silva/Unsplash.com)

(Baca juga: Teknik Pernapasan Sederhana untuk Redakan Stres dengan Singkat)

Nancy Gerstein, seorang guru yoga mengatakan bahwa bernapas dari perut adalah cara yang paling tepat untuk mencapai titik relaksasi dan pikiran yang tenang. 

"Bernapas secara dalam-dalam juga dapat memperlambat denyut jantung kita, yang dapat membuat tekanan darah menurun, menjernihkan pikira kita, dan mengendurkan otot-oto kita." 

Dengan menarik napas dalam-dalam dari diafragma dibandingkan dengan menarik napas pendek-pendek dari dada Anda, dapat meningkatkan respons tubuh untuk melakukan relaksasi dan itu merupakan hal paling penting yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk mengurangi tingkat stres yang dialami sehari-hari. 

"Ketika Anda tidak bernapas dengan sempurna, tekanan darah akan meningkat, tekanan jantung meningkat, otot menjadi tegang dan bahkan pikiran Anda akan tidak bisa fokus," tutup Gerstein. 





(TIN)