Cara Menghindari Kutu Kasur di Tempat Tidur

Raka Lestari    •    Kamis, 19 Jul 2018 13:18 WIB
tips & trik
Cara Menghindari Kutu Kasur di Tempat Tidur
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kutu kasur. (Foto: Christopher Jolly/Unsplash.com)

Jakarta: Kutu kasur biasanya dapat membuat kulit Anda menjadi gatal-gatal dan tentunya hal itu tidak membuat Anda merasa nyaman. Dan jika tidak dibersihkan dengan benar, bukan hanya kutu saja yang bisa bersarang di tempat tidur Anda namun serangga-serangga lain bisa jadi bertambah. 

Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan kutu kasur bersarang di tempat tidur Anda. 

Dikutip dari Insider, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kutu kasur.

(Baca juga: Begini Cara Memeriksa Kutu Kasur yang Buat Gatal Kulit Anda)

1. Perhatikan tanda-tanda kehadiran kutu kasur
Kutu kasur berbentuk oval, pipih, dan berwarna kecoklatan dan merupakan serangga yang tidak memiliki sayap dengan ukuran sekitar seperempat inci. 

Mereka dapat ditemukan di tempat pakaian kotor, kasur, pinggiran tempat tidur, celah-celah pada lantai, atau di belakang pajangan rumah Anda. Mereka biasanya meninggalkan kotoran atau bercak darah yang tampak seperti noda merah atau coklat tua, di seprai, sarung bantal dan kasur. 


(Jika Anda berencana untuk membeli perabotan bekas di rumah Anda, sangat penting bagi Anda untuk memeriksanya. Dengan menyemprotnya dengan semprotan insektisida bisa menjadi cara yang bisa dilakukan. Foto: Anna Sullivan/Unsplash.com)

2. Lindungi kasur Anda
Menutupi kasur Anda dengan bed cover atau penutup lain bisa membuat kutu kasur terperangkap di dalam kasur dan akhirnya mati karena mereka terperangkap di dalam kasur karena tidak bisa mencari makan. 

3. Berhati-hati ketika membeli perabotan bekas
"Pinggiran atau bingkai tempat tidur yang sudah pernah dipakai sebelumnya dan kasur bekas memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi tempat bersarangnya kutu kasur," menurut Seattle Office of Housing.

Jika Anda berencana untuk membeli perabotan bekas di rumah Anda, sangat penting bagi Anda untuk memeriksanya. Dengan menyemprotnya dengan semprotan insektisida bisa menjadi cara yang bisa dilakukan. 

4. Membersihkan seluruh pakaian bekas liburan termasuk pakaian yang tidak digunakan
Ketika sedang melakukan liburan, Anda bisa menggunakan kantong plastik untuk memisahkan pakaian kotor dan menyegelnya. Dan ketika Anda sudah sampai rumah, usahakan untuk mencuci semua pakaian yang Anda gunakan termasuk juga pakaian yang tidak terpakai dalam air panas untuk mengurangi potensi kutu kasur. 





(TIN)