Berapa Banyak Jumlah Air yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari?

Raka Lestari    •    Rabu, 30 May 2018 07:21 WIB
kesehatan
Berapa Banyak Jumlah Air yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari?
Tubuh manusia 60 persennya mengandung air. Dan jika tubuh tidak mengonsumsi air dalam jangka panjang akan memiliki dampak baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. (Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)

Jakarta: Tubuh manusia 60 persennya mengandung air. Dan jika tubuh tidak mengonsumsi air dalam jangka panjang akan memiliki dampak baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

Ditambah lagi, manusia akan mengeluarkan air yang ada di dalam tubuhnya melalui keringat, air seni, dan bahkan melalui hembusan napas kita. Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, sebenarnya berapakah jumlah air yang diperlukan dalam tubuh manusia dlaam sehari? 

Dilansir dari Metro.co.uk, jumlah air yang disarankan untuk diminum per hari adalah masalah yang sering diperdebatkan di kalangan ahli kesehatan. Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa dua liter sehari, yaitu sekitar delapan gelas kecil per hari. Tetapi itu tidak didasarkan pada sains. 

Dilansir dari Metro.co.uk, jika airnya dingin diperkirakan jumlah tersebut dapat mempercepat metabolisme Anda dan dengan demikian dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan, terutama jika Anda meminumnya sebelum makan. 


(Tubuh manusia 60 persennya mengandung air. Dan jika tubuh tidak mengonsumsi air dalam jangka panjang akan memiliki dampak baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Foto: Getty Images/Unsplash.com)

(Baca juga: 5 Minuman untuk Mencegah Dehidrasi selain Air Putih)

Tetapi perlu juga dicatat bahwa air adalah bahan utama dalam banyak minuman dan bahkan makanan, jadi Anda dapat mendapatkan asupan air dari cara tersebut juga. 

Selain itu, seiring dengan perkembangan manusia, mereka pun akan merasakan haus jika air yang ada di dalam tubuhnya berkurang. Jika Anda merasa haus, kemungkinan Anda mengalami sedikit dehidrasi. Untuk itu, Anda disarankan untuk minum ketika sedang haus dan berhenti ketika rasa dahaga Anda teratasi. 

Namun, penelitian menunjukkan bahwa mekanisme rasa haus yang secara alamiah dimiliki manusia akan rusak di usia tua, sehingga mereka yang sudah lanjut usia mungkin perlu memastikan mereka mengimbangi hal itu dengan minum lebih banyak. Dan Anda juga perlu minum lebih banyak air jika Anda menyusui, berolahraga atau jika Anda sedang sakit. 





(TIN)