Wanita Cenderung Mencari Pasangan yang Mirip Saudara Laki-lakinya

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 19 Jun 2018 12:10 WIB
romansapsikologi
Wanita Cenderung Mencari Pasangan yang Mirip Saudara Laki-lakinya
Para peneliti menemukan adanya bukti yang jelas untuk kesamaan persepsi dalam foto wajah pasangan wanita dan saudara laki-lakinya. (Foto: Anne Edgar/Unsplash.com)

Jakarta: Setiap orang memiliki tipe pasangan yang tak sama. Namun, sebuah penelitian membuktikan bahwa kebanyakan wanita mencari pasangan yang mirip saudara laki-laki mereka. 

Studi yang dipublikasi dalam Evolution and Human Behaviour Journal tersebut meminta para partisipan menilai kemiripan wajah foto-foto pria, yang mereka tidak tahu mana yang pasangan atau saudara lak-laki seorang wanita.

Foto-foto tersebut dikirim oleh sukarelawan, sementara foto-foto lain adalah saudara-saudara dari publik figur atau selebriti. 

Setiap partisipan diberi selembar kertas yang pada satu kolom adalah saudara laki-laki dari perempuan dan di kolom lain memiliki empat pria, tiga di antaranya acak dan salah satunya adalah pasangan wanita. Para partisipan kemudian ditanya siapa pria di kolom pertama yang paling mirip pada yang kedua.

Para peneliti menemukan adanya bukti yang jelas untuk kesamaan persepsi dalam foto wajah pasangan wanita dan saudara laki-lakinya. 

(Baca juga: Manfaat Memuji Pasangan)


(Setiap orang memiliki tipe pasangan yang tak sama. Namun, sebuah penelitian membuktikan bahwa kebanyakan wanita mencari pasangan yang mirip saudara laki-laki mereka. Foto: Allef Vinicius/Unsplash.com)

Jika kemungkinan bahwa seorang partisipan akan memilih pasangan wanita itu satu dari empat, data mentah menunjukkan orang-orang cenderung tepat dalam memilih pasangan dari wanita tersebut, dengan persentase 27 persen. 

"Temuan kami bukan aturan atau kebenaran dari setiap wanita tetapi kami menemukan bahwa, pada tingkat yang lebih besar dari kebetulan, pasangan wanita memang menunjukkan beberapa kemiripan yang halus dengan saudara laki-lakinya," kata peneliti utama Tamsin Saxton kepada The Independent.

Dr Saxton melakukan penelitian tersebut untuk menindaklanjuti beberapa studi yang menunjukkan bahwa orang-orang memilih pasangan yang mirip dengan orang tua mereka, sehingga berpikir alasan yang sama dapat diterapkan pada saudara kandung.

Dia juga menyarankan bahwa kemiripan adalah salah satu faktor di mana orang sering memilih pasangan romantis dengan pandangan yang mungkin memiliki pandangan, minat atau bahkan selera musik yang sama. 




(TIN)