Ini Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Menutup Toilet Ketika Menyiramnya

Raka Lestari    •    Selasa, 11 Sep 2018 08:49 WIB
kesehatan
Ini Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Menutup Toilet Ketika Menyiramnya
Ada baiknya Anda menutup closet ketika memflush untuk menghindari menempelnya kotoran dari dalam WC. (Foto: Jared Rice/Unsplash.com)

Jakarta: Mungkin terlihat tidak berbahaya namun ketika Anda selesai menggunakan toilet dan tidak menutup kloset sebelum menyiramnya dapat menimbulkan bakteri di dalamnya menyebar. 

Ketika Anda menyiram toilet, air yang berada di dalam kloset akan bercampur dengan berbagai kotoran dan partikel kecil dari campuran ini dapat menyebar keluar toilet. Ini dinamakan dengan toilet plume.

Jika Anda tidak menutup penutup toilet ketika Anda menyiramnya, toilet plume tersebut bisa menempel ke benda-benda terdekat di kamar mandi Anda, menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013. 

(Baca juga: Melapisi Dudukan Toilet dengan Tisu Tak Efektif Menghalau Kuman)


(Mungkin terlihat tidak berbahaya namun ketika Anda selesai menggunakan toilet dan tidak menutup kloset sebelum menyiramnya dapat menimbulkan bakteri di dalamnya menyebar. Foto: Paul Green/Unsplash.com)
 
Toilet plume tidak hanya kotor tetapi juga buruk bagi kesehatan Anda. Percikan air yang bercampur kotoran tersebut bisa mengandung jejak bakteri berbahaya seperti Shigella, E coli, C difficile yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan.

Philip Tierno, seorang ahli mikrobiologi di New York University mengatakan bahwa percikan-percikan tersebut bisa bisa mencapai setinggi 15 kaki di udara dan selain bisa mendarat di seluruh bagian kamar mandi Anda, percikan-percikan tersebut juga bisa mendarat pada tubuh Anda. "Jika Anda tidak memiliki kulit dengan luka terbuka, mungkin akan baik-baik saja," katanya.

Namun ia juga menambahkan bahwa bakteri tertentu, seperti Salmonella dan Shigella, ditularkan ketika partikel kotoran masuk ke mulut Anda. 

Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan cara sederhana yaitu dengan menutup kloset sebelum Anda menyiramnya atau memencet tombol flush. Namun jika toilet Anda tidak memiliki tutup, sebaiknya Anda langsung keluar dari kamar mandi sesaat setelah menyiramnya.





(TIN)