Selain Kurang Tidur, 4 Hal Ini Bikin Anda Mudah Tersinggung

Raka Lestari    •    Rabu, 18 Apr 2018 11:24 WIB
studi kesehatan
Selain Kurang Tidur, 4 Hal Ini Bikin Anda Mudah Tersinggung
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Apakah Anda merasa begitu mudah tersinggung akhir-akhir ini? Jika iya, bisa jadi bukan karena Anda terlalu sensitif, tetapi bisa juga karena gaya hidup Anda yang kurang sehat.

Dilansir dari Reader's Digest, beberapa faktor dapat menyebabkan Anda menjadi mudah marah dan tersinggung.

1. Kurang tidur

Jadikan tidur sebagai prioritas jika Anda ingin memiliki suasana hati yang bagus. Usahakan tidur selama tujuh hingga delapan jam.

"Tidur sangat penting untuk kesehatan mental yang baik, sebab saat Anda lelah, Anda akan menjadi jengkel," kata Steven Lamm, MD, profesor klinis obat-obatan dan direktur Tisch Center for Men's Health di NYU Langone Medical Center.

2. Demensia

Ketika Anda mulai melupakan hal-hal kecil, seperti lupa menaruh kunci rumah atau obrolan yang baru saja dibicarakan, wajar Anda merasa kesal.

"Secara umum aku pikir frustasi terjadi karena apa yang kita lakukan tidak sesuai dengan kebutuhan kita,"  kata Jeffrey Deitz, MD, psikoterapis dan asisten profesor psikiatri di Frank Netter School of Medicine Universitas Quinnipiac.

"Rasa frustasi bisa berwujud menjadi sesuatu yang meledak-ledak, terutama pada orang sekitar."

3. Rasa sakit atau nyeri

Ketika Anda merasakan nyeri punggung, hal itu dapat menyebabkan Anda lebih mudah marah daripada biasanya karena rasa tidak nyaman yang Anda rasakan.

"Orang-orang biasanya tidak ingin mengakui bahwa mereka sedang merasa sakit, sehingga mereka akan marah-marah," kata Dr. Lamm.

4. Depresi ringan

"Ada banyak sekali tingkat depresi, mulai dari yang bersifat sementara, dimana itu adalah sesuatu yang normal pada kehidupan manusia, sampai klinis, yang dapat sangat merusak kehidupan seseorang," kata Dr Deitz. Depresi tingkat rendah tidak mengganggu fungsi sehari-hari seperti depresi klinis, tetapi dapat membuat seseorang tampak mudah marah dan pesimis.

5. Kafein berlebihan

"Kafein adalah zat kimia yang memiliki dampak kuat pada otak," kata Dr Lamm. Kafein adalah zat untuk membuat Anda tetap segar, sehingga ketika Anda menghentikan konsumsinya Anda akan merasa cepat lelah dan mudah tersinggung.





(DEV)