Mikro Stres Dapat Memengaruhi Kesehatan Mental Anda?

Raka Lestari    •    Senin, 09 Apr 2018 12:56 WIB
psikologistreskesehatan mental
Mikro Stres Dapat Memengaruhi Kesehatan Mental Anda?
Peneliti Allen D. Kanner, menyebutkan bahwa mikro stres dapat membuat diri kita menghakimi diri sendiri. (Foto: Daniel Monteiro/Unsplash.com)

Jakarta: Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya akan ada momen-momen di mana Anda akan merasa stres besar atas apa yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi rasa stres tersebut.

Misalnya seperti kematian orang yang dicintai, pindah rumah, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut adalah situasi yang sangat membuat stres dan seseorang pasti akan menyadarinya. 

Namun bagaimana dengan situasi-situasi yang membuat stres tetapi dalam intensitas yang lebih kecil? Seperti ketakutan tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, khawatir dengan hubungan percintaan, atau kekhawatiran mengenai uang, dan masih banyak hal-hal kecil lainnya. 

Hal-hal seperti itu disebut dengan mikro stres, istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan hal-hal yang membuat kita stres namun tidak dianggap sebagai suatu yang besar, atau sesuatu yang akan mengubah hidup kita. 

(Baca juga: Studi: Stres Dapat Menular)


(Sebuah survei baru-baru ini menemukan bahwa orang-orang Inggris menghabiskan total 27 hari setahun mengalami mikro stres atau setara dengan dua jam per hari. Foto: Tim Gouw/Unsplash.com)

Karena hal tersebut adalah sesuatu yang biasa dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sebagian besar dari kita cenderung mengabaikannya, padahal banyak bukti yang menunjukkan bahwa mini stres ini dapat menjadi masalah kesehatan mental yang serius.

Sebuah survei baru-baru ini menemukan bahwa orang-orang Inggris menghabiskan total 27 hari setahun mengalami mikro stres atau setara dengan dua jam per hari.

Peneliti Allen D. Kanner, menyebutkan bahwa mikro stres dapat membuat diri kita menghakimi diri sendiri.

Ketika Anda mengalami stres yang berat, seperti kematian orang terdekat maka Anda akan mencari bantuan dan memperhatikan diri sendiri. Namun ketika mikro stres terjadi, seseorang akan membiarkan itu terjadi dan cenderung menyalahkan dirinya sendiri. 







(TIN)