Benarkah Gaya Hidup Buruk Memicu Tumor Otak?

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 10 Jun 2018 06:00 WIB
kesehatan
Benarkah Gaya Hidup Buruk Memicu Tumor Otak?
Benarkah Gaya Hidup Buruk Dapat Memicu Tumor Otak? (Foto: shutterstock)

Jakarta: Saat ini, kita hidup pada era di mana masalah kesehatan disebabkan oleh gaya hidup. Apakah penyakit kronis tumor otak termasuk di dalamnya?

Tumor otak adalah pertumbuhan jaringan abnormal di dalam otak yang menyebabkan gangguan fungsi otak.

"Tumor otak sebagian besar disebabkan oleh proses genetik yang rusak dan umumnya tidak terpengaruh oleh kebiasaan atau gaya hidup," kata Dr Suresh Sankhla, DNB (Ahli Bedah Saraf), FICS, dari Rumah Sakit Global Mumbai.

Untungnya, hal tersebut tampaknya bukan salah satu dari banyak faktor dominan.

"Tidak ada hubungan langsung antara kebiasaan gaya hidup dan tumor otak, tetapi gaya hidup yang buruk dapat berdampak buruk pada prognosisnya."

Meski demikian, ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa ada beberapa hubungan antara radiasi di atmosfer dan juga paparan bahan kimia yang digunakan dalam barang-barang rumah tangga, tetapi belum terbukti.

"Umumnya, gaya hidup sehat akan membantu pasien untuk melawan efek tumor otak," jelas Dr Arjun Srivatsa, Konsultan Senior Ahli Bedah dari Rumah Sakit Columbia Asia.

Oleh karena itu, konseling diperlukan untuk menyelamatkan para pasien.

"Konseling adalah bagian yang sangat penting dari perawatan tumor otak. Ini membantu pasien dan keluarganya untuk lebih memahami penyakit dan memberikan kekuatan untuk mengatasi hal itu," jelas Dr Sankhla.

 


(ELG)