4 Efek Samping Melatonin

Torie Natalova    •    Sabtu, 09 Jun 2018 09:00 WIB
kesehatan
4 Efek Samping Melatonin
4 Efek Samping Melatonin (Foto: istock)

Jakarta: National Institutes of Health melaporkan bahwa sebanyak 1,3 juta orang Amerika menggunakan suplemen melatonin untuk dapat tidur nyenyak di malam hari. Melatonin adalah hormon alami yang disekresikan oleh otak Anda dan membantu mengatur ritme sirkadian Anda, atau ketika tubuh Anda ingin bangun dan tidur.

Studi pun telah menunjukkan bahwa memang melatonin dapat membantu orang dengan gangguan tidur menjadi lebih mudah tertidur lebih cepat dari biasanya.

Tetapi, tentu saja melatonin buatan atau tidak alami berasal dari tubuh, dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti:

1. Mengantuk
Efek samping terbesar yang datang dari melatonin sebenarnya adalah rasa lelah atau mengantuk yang berlebihan. Pada beberapa individu, tubuh mereka tidak dapat memproses suplemen dengan cepat sehingga mereka masih mengalami efek kantuk setelah bangun.

2. Insomnia
Bagi sebagian orang, melatonin dapat membuat Anda sulit tidur. Tubuh secara alami menghasilkan lonjakan melatonin sekitar jam 7 malam. Itulah mengapa suplemen melatonin harus diminum sebelum pukul 7 untuk membantu meningkatkan produksi alami tubuh Anda dan mengirim pesan ke otak bahwa waktu tidur akan datang. Jika melebihi dari waktu tersebut, Anda dapat kesulitan tidur.

3. Sakit kepala
Sakit kepala adalah respons umum yang terjadi pada tubuh ketika Anda minum obat baru atau suplemen. Melatonin sendiri terikat dengan ritme sirkadian Anda, dan apapun yang berhubungan dengan waktu tubuh Anda dapat terpengaruh ketika Anda meminumnya.

4. Masalah pencernaan
Mual, sembelit dan sakit perut adalah reaksi umum tubuh terhadap obat-obatan, termasuk suplemen melatonin. Bahan-bahan dalam obat dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan Anda.


 


(ELG)