Makan Kacang Polong Bantu Turunkan Kolesterol

Nia Deviyana    •    Rabu, 06 Jun 2018 10:53 WIB
diet
Makan Kacang Polong Bantu Turunkan Kolesterol
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa kacang tanah, kacang polong, apel, dan sedikit sterol dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi sebagai asupan harian rutin. 

Menu makanan ini ada pada diet portofolio, pola makan nabati yang tebukti dapat menurunkan kolesterol tubuh.

"Uji klinis sebelumnya dan penelitian observasional menemukan bukti kuat bahwa pola makan nabati dapat meningkatkan kesehatan jantung," kata salah satu penulis penelitian, Hana Kahleova, Direktur Penelitian Klinis di Physicians Committee for Responsible Medicine, Washington DC.

"Studi ini menunjukkan bahwa makanan nabati tertentu sangat efektif untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan," tambah Kahleova.

Adapun makanan yang menurut peneliti bermanfaat, termasuk 42 gram kacang, 50 gram protein dari produk kedelai atau kacang polong, terong, okra, dan lentil, 20 gram serat larut dari gandum, apel, jeruk, dan beri, serta sterol yang terdapat pada suplemen atau produk yang memiliki komposisi sterol.

Temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Progress in Cardiovascular Diseases ini memaparkan hasil yang menunjukkan bahwa partisipan diet mengalami penurunan kolesterol jahat sebesar 17 persen, penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta protein C-reaktif yang berkaitan dengan peradangan.

Diet ini juga diklaim membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 13 persen dalam 10 tahun.




(DEV)